Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan Pada Bank Syariah Indonesia Kudus

Damayanti, Dwi Alfiah (2023) Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan Pada Bank Syariah Indonesia Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan perkembangan BSI saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Oleh karena itu, setiap kegiatan usaha tidak terlepas dari risiko yang dapat menganggu kelangsungan usaha termasuk dalam kegiatan usaha BSI. Karakteristik produk dan jasa BSI memerlukan identifikasi, pengukuran, pemantauan serta pengendalian risiko yang sesuai. Oleh karena itu, penerapan manajemen risiko menjadi salah satu hal yang penting untuk memastikan BSI tidak mengalami kerugian dari berbagai risiko yang bersifat unacceptable / tidak dapat diterima. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empris proses manajemen risiko pada BSI. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait di BSI Kudus. Kemudian dilakukan uji keabsahan data melalui triagulasi sumber, teknik, waktu. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan risiko di BSI Kudus mengalami terjadinya risiko terutama dalam risiko pembiayaan, dimana nasabah melakukan keterlambatan pembayaran pada saat jatuh tempo. Untuk menghindari adanya risiko tersebut BSI menerapkan manajemen risiko ini agar tidak menimbulkan kerugian di masa mendatang. Penerapan manajemen risiko dilakukan dengan cara identifikasi risiko, pengukuran risiko, pengendalian risiko serta pemantauan risiko. Beberapa kendala yang dialami BSI Kudus meliputi kompleksitas struktur produk, keterbatasan pengalaman, kepatuhan syariah, pengelolaan risiko operasional, risiko hukum dan regulasi, serta risiko pengendalian keuangan. Secara keseluruhan manajemen risiko telah diterapkan dengan baik tetapi perlu ditingkatkan kembali agar tidak menimbulkan risiko yang terjadi di BSI Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriyanto, IrsadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan, Kendala dalam penerapan manajemen risiko pembiayaan, Bank Syariah Indonesia Kudus
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:33
Last Modified: 25 Jul 2024 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item