Mujib, Muhammad Nurul (2023) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Peserta didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di Madrasa Tsanawiyah Islamic Center Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (403kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MTs Islamic Center Welahan Jepara, juga mendiskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Jenis metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Setting penelitian ini berada di ligkungan MTs Islamic Center Welahan. Peneliti memperoleh data-data yang diperlukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru akidah akhlak. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, sajian data, dan penyimpulan data. Setelah data-data terkumpul dan menganalisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan reduksi data, maka peneliti mendapakatan hasil antara lain: 1) Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan sangat penting, karena tugasnya antara lain adalah, membina atau memimpin jalannya kegiatan keagamaa berlangsung, sebagai pengawas kegitan keagamaan, sebagai motivator bagi peserta didik dalam melaksanakan kegiatan keagaman, menilai akhlak peserta didik dengan melihat tingkah laku peserta didik sehari-hari di lingkungan madrasah. 2) Faktor pendukung dalam keberhasilan pembinaan akhlak melalui kegiatan keagamaan ini adalah faktor pembina dan fakor motivasi. Kedua faktor pendukung tersebut dapat mendukung pelaksanaan pembinaan akhlak peserta didik menjadi lebih baik dan berhasil. Faktor penghambat dalam pelaksanaa pembinaan akhlak peserta didik melalui kegiatan keagamaan adalah faktor infrastrukur dan faktor kesadaran diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Membina Akhlak, Pembiasaan, Kegiatan Keagamaan | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:14 | ||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:14 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11854 |
Actions (login required)
View Item |