Penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep siswa kelas VI pada mapel IPA di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati

Rizal, Noviyanti (2023) Penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep siswa kelas VI pada mapel IPA di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep siswa kelas VI pada mapel IPA di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati, 2) Kesulitan yang dihadapi guru dalam penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep siswa kelas VI pada mapel IPA di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo, 3) Solusi cara guru mengatasi kesulitan dalam penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep siswa kelas VI pada mapel IPA di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, data yang duperoleh melalui field research (penelitian lapangan). Tekik pengambilan sampel menggunakan teknik non probabilitiy sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini ada 7 informan, diantaranya adalah kepala sekolah, guru mapel sekaligus guru kelas, dan 5 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan datadilakukan denganobservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep pada mapel IPA dimulai dengan perencanaan RPP, penerapan dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Tahap perencaan yang dimaksud adalah guru membuat RPP dengan materi dan topik yang akan disampaikan pada saat pembelajaran, tahap penerapan ini guru menerapkan materi materi yang sesuai dengan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tahap evaluasi yaitu melakukan evaluasi pengujian penilaian terhadap topik yang disampaikan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. 2) Kesulitan dalam penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep pada mapel IPA antara lain kurangnya kesiapan guru dan murid, sarana dan prasarana yang kurang memadai, hambatan dari faktor cuaca atau alam, tidak mendapat persetujuan dari kepala sekolah atau orang tua, kurangnya pengawasan dari guru, waktu pembelajaran, kemampuan belajar belum maksimal. 3) Solusi cara menghadapi kesulitan dalam penerapan metode outdoor learning untuk penguasaan konsep pada mapel IPA antara lain: peran pendidik, sarana dan prasarana, melakukan pengawasan terhadap anak, lingkungan sekitar yang mendukung, kesiapan guru dan murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetno, SusilowatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, Penguasaan Konsep, Mapel IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:47
Last Modified: 31 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item