Najah, Nurya (2023) Penerapan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (7MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (324kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (377kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (365kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (738kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (325kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui penerapan media strip story dalam pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. 2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan media strip story untuk meningkatkan pemahaman peseerta didik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Kemudian data primer peneliti didapatkan dari kegiatan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan serta observasi, data sekunder peneliti ini berasal dari dokumtasi yang berkaitan dengan kegiatan lokasi penelitian. Teknik pengunmpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi (Sumber, teknik dan waktu). Teknik analisis data display, reducation dan drawing. Hasil penelitian menunjukan bahwa media strip story yang diterapkanya dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Yaitu media strip story dalam meningkatkan pemahaman yang artinya dengan menggunakan media pembelajaran alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi tentang materi pembelajaran yang dapat mendorong minat peserta didik. Media pembelajaran strip story adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang banyak memuat ayat-ayat beserta kandungan dari ayat tersebut. Peserta didik harus berpikir dan aktif dalam belajar saling bertukar fikiran dalam memecahkan sebuah masalah dalam materi atau dapat menemukan sebuah solusi dalam masalah, menyerap dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | media strip story, pemahaman peserta didik, Al-Qur’an Hadits | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:48 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11896 |
Actions (login required)
View Item |