Implementasi Pembelajaran IPS Berwawasan Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus

Azkia, Firda Rozma (2023) Implementasi Pembelajaran IPS Berwawasan Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk melaksanakan implementasi pembelajaran IPS berwawasan lingkungan untuk meningkatkan sikap sosial peserta didik kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus, dan 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses implementasi pembelajaran IPS berwawasan lingkungan di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus. Subjek penelitian ini, kepala sekolah, wali kelas V, dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, implementasi pembelajaran IPS berwawasan lingkungan untuk meningkatkan sikap sosial peserta didik kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus yang berupa penyampaian materi tentang problem sosial agar peserta didik dapat mengetahui masalah sosial apa saja yang ada di sekitar lingkungannya, interaksi sosial dan lingkungan agar peserta didik dapat menerapkan sikap positif terhadap lingkugan yang ada disekitarnya, adaptasi sosial agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan untuk mandiri dan bekerja sama dengan orang lain dalam menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar, dan gejala-gejala sosial agar peserta didik dapat mengetahui faktor apa saja yang memicu munculnya suatu masalah yang ada di sekitar ingkungannya. Kedua, faktor pendukung yang dimana guru, peserta didik, sarana prasarana, dan lingkungan sekitarnya menjadi faktor terpenting dan penghambat dalam implementasi pembelajaran IPS berwawasan lingkungan untuk meningkatkan sikap sosial peserta didik kelas V di MI NU Raudlatus Shibyan 01 Peganjaran Bae Kudus yaitu kurangnya media pembelajaran, cakupan materi dari pembelajaran IPS sangatlah luas, pemahaman peserta didik, dan juga waktu yang sangat terbatas untuk guru menyampaikan materi dan juga berdiskusi dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran IPS berwawasan Lingkungan, Sikap Sosial.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:25
Last Modified: 31 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item