Manajemen Perpustakaan Madrasah dalam Upaya Peningkatan Budaya Literasi di MI Minsya’ul Huda Jembulwunut, Gunungwungkal, Pati Tahun 2022/2023

Elva, Siti Asiyah (2023) Manajemen Perpustakaan Madrasah dalam Upaya Peningkatan Budaya Literasi di MI Minsya’ul Huda Jembulwunut, Gunungwungkal, Pati Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) Menganalisis perencanaan kegiatan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi di MI Minsya’ul Huda Jembulwunut, Gunungwungkal, Pati; 2) Menganalisis pelaksanaan aktivitas perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi siswa MI Minsya’ul Huda Jembulwunut, Gunungwungkal, Pati; 3) Menganalisis evaluasi pelaksanaan kegiatan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi siswa MI Minsya‟ul Huda Jembulwunut, Gunungwungkal, Pati. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif analisis yang didukung dengan data yang diperoleh melalui penelitian lapangan atau field research. Penggalian data digunakan teknik wawancara terstruktur, observasi, dan pengajian dokumen. Subjek pada penelitian ini yaitu, Kepala Madrasah, Kepala Perpustakaan, Guru Kelas satu sampai enam, dan siswa. Teknik analisis yang digunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik yang dikembangkan, yakni credibilty, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Perencanaan kegiatan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi di MI Minsya’ul Huda yaitu perencanan anggaran perpustakaan, perencanaan bahan koleksi, perencanaan sarana dan prasarana, layanan dan administrasi perpustakaan, penataaan bahan koleksi, dan kerjasama. Semua kegiatan dalam perencanaan ditujukan dalam upaya peningkatan budaya literasi agar siswa lebih dekat dengan buku. 2) Pelaksanaan aktivitas perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi siswa MI Minsya’ul Huda meliputi yaitu pembiasaan membaca Asmaul Husna dan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, pembiasaan buku selama 10-15 menit sebelum pembelajaran dimulai, pelaksanaan fungsi-fungsi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelaksanaan layanan dan administrasi perpustakaan, dan promosi perpustakaan. 3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan perpustakaan dalam upaya peningkatan budaya literasi siswa MI Minsya’ul Huda diantaranya dilakukan dengan evaluasi buku kunjungan perpustakaan, evaluasi pengembaangan koleksi bahan pustaka, evaluasi anggaran perpustakaan, evaluasi sarana dan prasarana, evaluasi layanan perpustakaan dan evaluasi kaitannya literasi siswa. Evaluasi dalam membaca juga melibatkan bapak dan ibu guru terutama guru kelas masing-masing , agar kebudayaan dalam literasi terus dilakukan secara rutin dan konsisten

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrohmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Budaya Literasi, Manajemen Perpustakaan
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028.9 Minat Baca, Budaya Baca
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:03
Last Modified: 05 Aug 2024 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item