Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Pati Ditinjau Dari Aspek Literasi Matematis

Fauziyah, Lathifatunnurul (2023) Etnomatematika Pada Rumah Adat Joglo Pati Ditinjau Dari Aspek Literasi Matematis. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Tingkat literasi matematis di Indonesia masih sangat rendah dibanding negara lain. Hal ini disebabkan pembelajaran matematika belum memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Etnomatematika menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Literasi matematis dan etnomatematika merupakan dua gagasan penting dalam mengetahui peran matematika di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berfokus pada rumah Adat Joglo Pati yang merupakan rumah tradisional kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep-konsep geometri yang ditemukan pada rumah Adat Joglo Pati dan keterkaitannya pada aspek literasi matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini adalah pemilik rumah, sesepuh yang mengerti tentang sejarah rumah Adat Joglo Pati, dan pekerja bangunan rumah Adat Joglo Pati. Adapun teknik pengumpulan data penelitian tentang rumah Adat Joglo Pati menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri yang ditemukan pada rumah adat Joglo Pati dan adanya keterkaitan etnomatematika rumah Adat Joglo Pati terhadap aspek literasi matematis. Konsep geometri yang ditemukan meliputi geometri datar, geometri ruang, dan geometri transformasi. Sedangkan keterkaitan etnomatematika rumah Adat Joglo Pati terhadap aspek literasi matematis menunjukkan bahwa rumah Adat Joglo Pati memenuhi aspek literasi matematis diantaranya aspek proses, konten, dan konteks matematika. Dengan demikian hasil penelitian kajian etnomatematika yang ditemukan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Literasi Matematis, Rumah Adat Joglo Pati
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:03
Last Modified: 05 Aug 2024 04:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item