PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB MANHAJ AT TARBIYAH AN NABAWIYAH LITH THIFLI KARYA MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID PADA ANAK USIA DINI DI RA KHARISMA TUNGGUL PANDEAN NALUMSARI JEPARA

Ulfa, Maria (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB MANHAJ AT TARBIYAH AN NABAWIYAH LITH THIFLI KARYA MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID PADA ANAK USIA DINI DI RA KHARISMA TUNGGUL PANDEAN NALUMSARI JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penerapan Pendidikan karakter dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Penerapan pendidikan karakter bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dasar keagamaan, keimanan, ketaqwaan serta berakhlaqul karimah. Penerapan Pendidikan karakter dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dimaksudkan untuk melihat perkembangan akhlak sehingga mampu meningkatkan akhlakqul karimah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Pada Anak Usia Dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara. 2) Faktor pendukung dan penghambat Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Pada Anak Usia Dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara. 3) Solusi atas faktor penghambat Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Pada Anak Usia Dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara. Jenis penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi kepala RA, guru kelas B, wakil kepala bidang kurikulum dan sumber data sekunder seperti buku-buku, yanbu’a. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas melalui triangulasi, peningkatan ketekunan, serta member chek. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid Pada Anak Usia Dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara berdasarkan hasil penelitian sudah cukup berhasil dan efektif. Dalam penerapannya guru menerapkah langkah-langkah sebagai berikut : pertama, kegiatan awal kedua, kegiatan inti ketiga, kegiatan akhir. Sehingga siswa menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat dalam mengikuti dan kegiatan belajar mengajar serta dapat memotivasi siswa berperan aktif dalam aktifitas belajar mengajar sehingga guru tidak terlalu mendominasi proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung dari penerapan pendidikan karakter dalam kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli Pada anak usia dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara yaitu kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli kebanyakkan guru di RA Kharisam yang bergelar sarjana pendidikan islam yang mempunyai kopentensi dasar agama islam yang mumpuni. Selain itu pengelolaan kelas yang variatif sehingga siswa lebih bersemangat dalam pembelajarandi kelas. 3) Sedangkan solusi atas faktor penghambat penerapan pendidikan karakter dalam kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli karya Pada anak usia dini di RA Kharisma Tunggul Pandean Nalumsari Jepara adalah dengan cara peneliti mengfotokopikan kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli beserta terjemahnya agar menjadikan kitab tersebut sebagai panduan untuk pembelajaran selanjutnya, karena kitab tersebut bab dan isinya ada pada tema di RKH, hal tersebut menjadikan siswa lebih mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru serta tujuan dari proses pembelajaran tersebut tercapai secara maksimal. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mampu sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut, serta bisa dijadikan rujukan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Kitab Manhaj at Tarbiyah an Nabawiyah Lith Thifli; Anak Usia Dini
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:42
Last Modified: 05 Jun 2017 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item