Implementasi Pemanfaatan Layanan Digital I-Kurma di Era Revolusi 4.0 Dalam Penyaluran Pembiayaan Mikro Pada Pelaku UMKM (Studi di BSI KC Pati)

Ula, Mu’arifatin Nuril (2023) Implementasi Pemanfaatan Layanan Digital I-Kurma di Era Revolusi 4.0 Dalam Penyaluran Pembiayaan Mikro Pada Pelaku UMKM (Studi di BSI KC Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (853kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia perbankan syariah untuk memanfaatkan layanan digital I-Kurma, karena memudahkan karyawan memproses pengajuan pembiayaan hingga pembiayaan selesai. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui implementasi layanan digital I-Kurma di era revolusi 4.0 dalam penyaluran pembiayaan mikro pada pelaku UMKM di BSI KC Pati, 2) untuk mengetahui kehandalan layanan digital I-Kurma di era revolusi 4.0 dalam penyaluran pembiayaan mikro pada pelaku UMKM di BSI KC Pati. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, data ini bersifat informatif mengenai implementasi pemanfaatan layanan digital I-Kurma di era revolusi 4.0 dalam penyaluran pembiayaan mikro pada pelaku UMKM. Hasil penelitan yang diperoleh yaitu: 1) Implementasi layanan digital I-Kurma di era revolusi 4.0 dalam penyaluran pembiayaan mikro pada pelaku UMKM di BSI KC Pati, 2) Kehandalan layanan digital I-Kurma di era revolusi 4.0 dalam penyaluran pembiayaan mikro pada pelaku UMKM di BSI KC Pati. Kesimpulan pada penelitian ini: 1) Implementasi layanan digital I-Kurma dalam penyaluran pembiayaan mikro dimulai dari pengajuan pembiayaan, BI-Checking, survey, analisa, komite bersama, akad, pencairan, lalu monitoring. 2) Kehandalan layanan digital I-Kurma dalam pembiayaan mikro yaitu aplikasi pembiayaan satu atap atau satu aplikasi bisa dikerjakan mulai dari pengajuan pembiayaan hingga monitoring. Di I-Kurma juga terdapat menu pipeline, hotprospek, approved, rejected dan monitoring. Implikasi penelitian ini yaitu membantu memenuhi modal kerja nasabah pelaku UMKM dengan proses yang cepat maksimal 2 hari kerja sudah pencairan, karena aplikasi I-Kurma sudah terhubung secara online dengan Dukcapil dan OJK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLatif, Moh. AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Digital Perbankan, Pembiayaan Mikro, UMKM
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:01
Last Modified: 12 Aug 2024 05:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item