Strategi Pengembangan Desa Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal (Studi Kasus Desa Wisata Kertomulyo Trangkil Pati)

Najah, Farida Nurul (2023) Strategi Pengembangan Desa Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal (Studi Kasus Desa Wisata Kertomulyo Trangkil Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (316kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Desa Wisata Kertomulyo merupakan desa wisata yang mempunyai beragam potensi, dan kaya akan sumber daya alamnya. Adanya desa wisata kertomulyo mampu menghidupkan kembali potensi potensi maupun kekayaan sumberdaya alam yang ada untuk mampu mensejahterakan masyarat sekitar desa wisata. Penelitian ini merupakan suatu studi lapangan yang dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung mengenai strategi pengembangan desa wisata dan dampak yang ditimbulkan terhadap kesejahteraan masyarakat lokal. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karena mengingat dampak kesejahteraan melalui pengembangan wisata yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Penelitian ini terdiri dari empat informan, diantaranya: pengelola desa wisata, pokdarwis, pemerintah desa, dan masyarkat desa wisata yang terkait langsung dengan desa wisata kertomulyo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif empiris. Dengan banyak melakukan penelaahan dan pemaparan berdasarkan persepsi dan suatu fenomena dengan proses pengumpulan data melalui pengamatan, dokumentasi, dan wawancara langsung mengenai lokasi desa wisata tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan langsung oleh peneliti, dianalisis menggunakan metode triangulasi, dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data hingga peneliti memperoleh informasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Desa Wisata Kertomulyo, peneliti memperoleh hasil yang telah disimpulkan sebagai berikut: desa wisata kertomulyo memiliki potensi wisata yang mampu dikembangkan lebih lanjut, dan memiliki strategi pengembangan yang selalu dikembangkan dari desa wisata trangkil pati adalah melaui atraksi (attraction), fasilitas (amenities), akses pendukung (access,) pelayanan (ancillary service), kelembagaan (institutions). Selain itu, dampak dari adanya strategi pengembangan terhadap kesejahteraan masyarakat lokal, terlihat melalui pasar desa wisata kertomulyo yang menimbulkan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal desa wisata kertomulyo. Selain itu, ada pula dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat desa yaitu meningkatnya gaya hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNgazizah, Inna FauziatalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Dampak terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:46
Last Modified: 12 Aug 2024 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11946

Actions (login required)

View Item View Item