Implementasi Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa di Mts NU Maslakul Falah Undaan Kudus

Saputra, Ahmad Wahyu Dimas (2023) Implementasi Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa di Mts NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik role playing dalam mengurangi kecanduan game online pada siswa MTs NU Maslakul Falah antara lain yaitu: 1) Untuk mengetahui Bagaimana kondisi siswa yang kecanduan bermain game online di MTs NU Maslakul Falah, 2) Untuk mengetahui Bagaimana implementasi pendekatan Role Playing dalam mengurangi kecanduan game onine pada siswa Mts Nu Maslakul Falah. 3) Untuk mengetahui Apa saja kendala guru BK dalam menerapkan teknik Role Playing untuk mengurangi kecanduan game onine pada siswa Mts Nu Maslakul Falah. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif analisis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan game onine pada siswa Mts Nu Maslakul Falah disebabkan oleh dorongan dalam diri siswa untuk bermain game online karna terlalu banyaknya waktu luang dan kurangnya kontrol dari diri siswa serta orang tua, sehingga anak lebih leluasa untuk memainkan game online secara terus menerus. Pemicu lainya disebabkan oleh lingkungan yang kurang terkontrol, kurang memiliki hubungan sosial yang baik, dan kurangnya perhatian dari orang terdekat. Upaya guru BK dalam mengurangi kecanduan game online yaitu dengan melaksanakan konseling kelompok dengan menggunakan teknik role playing, konseling individu serta menerapkan beberapa layanan sesuai dengan kebutuhan siswa, bekerja sama dengan guru dan orang tua, kendala yang dialami guru BK dalam penggunaan teknik role playing dalam mengurangi kecanduan game online pada siswa MTs NU Maslakul Falah seperti kurangnya fokus saata melaksanakan role playing karna pelaksaan role playing membutuhkan waktu yang cukup panjamg dan takjarang kurang tepatnya waktu plaksanaan role playing sehinga berbenturan pada kegian lain, membuat gaduh karna suara keras dari pemain dan penonton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game Online, Teknik Role Playing
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:07
Last Modified: 14 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item