Anggarsari, Desye Novita (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 1 Pucakwangi pada Materi Tekanan Zat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (426kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan pendewasaan siswa agar dapat mengembangkan bakat, potensi, dan keterampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan. Saat ini banyak macam model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik salh satunya adalah model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada pentingnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dan keterlaksanaan pembebelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Pucakwangi pada materi tekanan zat. Penelitian ini menggunakan metode statistic inferensial bentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probablility sampling. Dengan sampel penelitian kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari nilai probabilitas (sig. 2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) dan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Pucakwangi materi tekanan zat sudah terlaksana dengan baik, hampir 85 % yaitu ditinjau dari aktivitas partisipasi siswa serta mengikuti dengan baik dan kondusif dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Pucakwangi pada materi tekanan zat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, kemampuan berpikir kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:35 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 04:35 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11977 |
Actions (login required)
View Item |