Lestari, Sri Muji (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
02.abstrak.pdf Download (769kB) |
|
Text
03.daftar isi.pdf Download (755kB) |
|
Text
04.bab i.pdf Download (737kB) |
|
Text
05.bab ii.pdf Download (1MB) |
|
Text
06.bab iii.pdf Download (569kB) |
|
Text
07.bab iv.pdf Download (1MB) |
|
Text
08.bab v.pdf Download (350kB) |
|
Text
09.dafatr pustaka.pdf Download (692kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman materi sistem ekskresi manusia untuk siswa di tingkat SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman pada materi Sistem Ekskresi Manusia. 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation) versi Richey dan Klein. Subyek pada penelitian ini adalah guru Biologi dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa di MA Miftahul Ulum. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam kategori non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli serta uji coba media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada guru dan siswa. Hasil penelitian selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi sehingga menghasilkan skor sebesar 84,4% dengan kategori “Layak”. Kemudian validasi oleh ahli media menghasilkan skor sebesar 80% dengan kategori “Layak”. Setelah melalui validasi ahli dan revisi, produk kemudian diujicobakan kepada guru biologi dan siswa kelas XI IPA. Skor yang didapatkan dari penilaian guru sebesar 81,64% dengan kategori “Layak”. Kemudian skor yang didapatkan dari penilaian pada siswa sebesar 80,96% dengan kategori “Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli dan ujicoba produk, media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan peneliti layak digunakan di lapangan dalam aspek kelayakan valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Nilai Keislaman, Sistem Ekskresi Manusia | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:31 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11984 |
Actions (login required)
View Item |