Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA/MA

Lestari, Sri Muji (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.abstrak.pdf

Download (769kB)
[img] Text
03.daftar isi.pdf

Download (755kB)
[img] Text
04.bab i.pdf

Download (737kB)
[img] Text
05.bab ii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.bab iii.pdf

Download (569kB)
[img] Text
07.bab iv.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.bab v.pdf

Download (350kB)
[img] Text
09.dafatr pustaka.pdf

Download (692kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman materi sistem ekskresi manusia untuk siswa di tingkat SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari: 1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman pada materi Sistem Ekskresi Manusia. 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan nilai keislaman pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation) versi Richey dan Klein. Subyek pada penelitian ini adalah guru Biologi dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa di MA Miftahul Ulum. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk dalam kategori non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli serta uji coba media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada guru dan siswa. Hasil penelitian selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi sehingga menghasilkan skor sebesar 84,4% dengan kategori “Layak”. Kemudian validasi oleh ahli media menghasilkan skor sebesar 80% dengan kategori “Layak”. Setelah melalui validasi ahli dan revisi, produk kemudian diujicobakan kepada guru biologi dan siswa kelas XI IPA. Skor yang didapatkan dari penilaian guru sebesar 81,64% dengan kategori “Layak”. Kemudian skor yang didapatkan dari penilaian pada siswa sebesar 80,96% dengan kategori “Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli dan ujicoba produk, media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan peneliti layak digunakan di lapangan dalam aspek kelayakan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Nilai Keislaman, Sistem Ekskresi Manusia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:31
Last Modified: 15 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item