Mualimah, Maulidia (2023) Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Metode Praktikum Guided Inquiry Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Indera. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (856kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (824kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
Abstract
Tujuan adanya penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa melalui penerapan metode praktikum guide inquiry berbasis media mind mapping pada materi sistem indera 2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode praktikum guide inquiry berbasis media mind mapping pada materi sistem indera 3.) mengetahui pengaruh penggunaan metode praktikum guided inquiry berbasis media mind mapping terhadap kemampuan proses sains siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment Control-Group Pre test-Post test. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh kelas XI MIPA 1 (eksperimen) 30 siswa dan kelas XI MIPA 2 (kontrol) 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan uji hipotesis nonparametrik menggunakan uji Mann Whitney. Adapun hasil analisi: 1) tingkat keterampilan proses sains siswa menunjukan bahwa hasil rata-rata nilai tes siswa mengalami peningkatan, kelas eksperimen diperoleh nilai pre test sebesar 61,9 dan post test sebesar 73,4, dengan n-gain sebesar 0,2 termasuk dalam kriteria rendah. Hasil analisis lembar observasi keterampilan proses sains menunjukan bahwa rata-rata nilai keterampilan proses sains kelompok sebesar 81,5% tergolong dalam kriteria sangat tinggi; 2) Hasil respon siswa terhadap penggunaan metode praktikum guided inquiry berbantuan media mind mapping menunjukan rata-rata 83,47 berkategori sangat baik; 3) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Man Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan metode praktikum guided inquiry berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains, Metode Praktikum, Guided Inquiry, Mind Mapping, Sistem Indera | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:02 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2024 04:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11986 |
Actions (login required)
View Item |