Pengaruh Pengetahuan Dasar Keuangan Syariah, Sumber Informasi, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berinvestasi Syariah Masyarakat Kabupaten Kudus

Nida, Salma Nabila Zeilin (2023) Pengaruh Pengetahuan Dasar Keuangan Syariah, Sumber Informasi, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berinvestasi Syariah Masyarakat Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
05 BAB II OK.pdf

Download (626kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (703kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), guna mengetahui realitas yang sedang terjadi tehadap suatu masalah. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan format deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dasar keuangan syariah, sumber informasi dan efikasi diri terhadap minat berinvestasi syariah masyarakat Kabupaten Kudus. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Kudus dengan populasi seluruh masyarakat Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang mendapatkan responden sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk googel form yang disebarkan secara online kepada 100 responden masyarakat yang bertempat tinggal di Kabupaten Kudus dan diolah menggunakan SPSS versi 26. Kemudian, data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 26 dengan uji validitas dan Reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis yang meliputi uji f, uji t, dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menghasilkan bebrapa temuan empiris, yaitu Pertama: pengetahuan dasar keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi syariah masyarakat Kabupaten Kudus, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > nilai Ttabel (4,838 > 1,984) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kedua: sumber informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi syariah masyarakat Kabupaten Kudus, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > nilai Ttabel (2,955 > 1,984) dengan nilai signifikansi (0,004 < 0,05). Ketiga: efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi syariah masyarakat Kabupaten Kudus, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung > nilai Ttabel (2,391 > 1,984) dengan nilai signifikansi (0,019 < 0,05). Pengetahuan dasar keuangan syariah, sumber informasi, dan efikasi diri secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi syariah masyarakat Kabupaten Kudus. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung 48.261 > Ftabel 2,70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmaroh, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Dasar Keuangan Syariah, Sumber Informasi, Efikasi Diri, Minat Berinvestasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:42
Last Modified: 16 Aug 2024 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item View Item