IMPLEMENTASI METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DALAM MEMBANGUN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ernawati, Putri (2016) IMPLEMENTASI METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DALAM MEMBANGUN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA NAHDLATUL MUSLIMIN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB IV.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi metode team accelerated instruction dalam membangun sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlatul Muslimin Kudus. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode team accelerated instruction dalam membangun sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlatul Muslimin Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Peneliti mengambil lokasi di MA Nahdlatul Muslimin Kudus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, untuk lebih fokus pada implementasi metode team accelerated instruction dalam membangun sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penerapan metodeteam accelerated instructionmerupakandiskusi aktif, dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 siswa dan setiap siswa diberi kepercayaan untuk menyampaikan pendapatnya tentang tema dalam kelompok masing-masing dan mengerjakan tugas yang dibagikan per kelompok, dengan guru sebagai fasilitator &motivator di kelas. Sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dan saling memotivasi anggota kelompok, dalam mencari materi terkait tema yang diperolehnya, mengerjakan tugas serta dalam menyampaikan pendapatnya di forum diskusi kelas, karena keberhasilan siswa tergantung pada keaktifannya dalam kelompok. Lalu, siswa diberi kuis oleh guru, yang akan menambah poin nilai bagi kelompoknya sampai guru memberikan reward bagi kelompok terbaik, sehingga siswa termotivasi untuk dapat meningkatkan keaktifannya dalam kelompok serta dapat mengembangkan sikap percaya dirinya di kelas. (2) faktor yang mendukung penerapan metode team accelerated instruction adalah kecerdasan dan kemampuan siswa (kesiapan siswa dalam memulai pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode TAI), tersedianya buku-buku referensi, media yang memadai, seperti LCD, sound, suasana kelas yang kondusif dan ruang kelas yang representatif. Faktor penghambatnya yakni, masih ada siswa yang pasif dan kurang fokus dalam penerapan metode tersebut, metode TAI tidak dapat diterapkan dalam semua materi mata pelajaran aqidah akhlak, karena membutuhkan waktu yang lama. Jadi, sebagai seorang pendidik harus kreatif dalam membimbing siswa agar sampai pada sikap percaya dirinya serta menciptakan kuis-kuis yang dapat memancing siswa untuk berebut dalam menjawabnya, sehingga siswa tidak merasa jenuh saat kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Accelerated Instruction; Percaya Diri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:25
Last Modified: 07 Sep 2016 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item