Setyowati, Sri Yuni (2023) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah pada Pembelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (555kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (716kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (941kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (373kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengupayakan agar peserta didik aktif di kelas dan terampil melaksanakan ibadah baik di sekolah maupun di lingkungan. Karena selama ini peserta didik cenderung menganggap enteng pelajaran Fiqih karena merasa materi yang diajarkan sudah biasa dipelajari pada tingkat sekolah sebelumnya. Namun pada nyatanya banyak peserta didik yang hanya mengetahui teori tetapi sukar untuk mempraktekkannya dalam kehidupan nyata. Untuk itu penelitian ini berpusat pada bagaimana implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan bagaimana problematika serta solusi yang diupayakan guru dalam meningkatkan keterampilan ibadah pada pembelajaran Fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala MTs Negeri 2 Kudus, Guru Fiqih MTs Negeri 2 Kudus, dan peserta didik kelas VII E MTs Negeri 2 Kudus. Untuk memperoleh data-data terkait judul, data-data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengikuti teknik Miles dan Huberman, yaitu dengan tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data tentang implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan ibadah pada pembelajaran Fiqih, penelitian ini memiliki temuan hasil penelitian, yaitu: (1) hasil dari implementasi model pembelajaran CTL dalam pembelajaran fiqih dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan proses berpikir kritis dan kreatif siswa, membentuk dan pembiasaan sifat kerja sama siswa, mengembangkan kemampuan siswa untuk bekerja lebih efektif dalam kelompok, dan tentu saja pada pembelajaran yang menyenangkan dan meminimalisir bosan. (2) adanya dua problematika yaitu problematika yang berasal dari siswa dan problematika pada guru. Problematika yang berasal dari siswa yaitu adanya tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang berbeda-beda. Sedangkan problematika pada guru yaitu guru yang professional sangat diperlukan. Solusi terhadap problematika dalam implementasi pembelajaran CTL yaitu siswa diajak untuk terbiasa berpikir kritis dengan memecahkan masalah yang ada. Dan perlunya pemahaman tingkat tinggi guru dalam menerapkan model pembelajaran CTL di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), Keterampilan Ibadah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:17 | ||||||
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12015 |
Actions (login required)
View Item |