Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMK NU Miftahul Falah Dawe Kudus

Mufidah, Faizatul (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMK NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi kurikulum merdeka di SMK NU Miftahul Falah Dawe Kudus. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti setelah menggunakan kurikulum merdeka di SMK NU Miftahul Falah Dawe Kudus. 3) Hambatan-hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMK NU Miftahul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu ada 5 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta 2 siswa. Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi serta dokumentasi. Selanjutnya dilakukan pengujian keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber, tekhnik dan waktu. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi kurikulum merdeka di SMK NU Miftahul Falah mulai diterapkan pada semester 1 (ganjil) tepatnya bulan Oktober 2022. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK NU Miftahul Falah yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 2) Meskipun belum ada perubahan secara signifikan, namun ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMK NU Miftahul Falah Kudus setelah menggunakan kurikulum merdeka. Hal ini dibuktikan dengan adanya data nilai ulangan harian siswa yang kelas X mata pelajaran PAI yang mengalami peningkatan. 3) Ada beberapa hambatan yang dirasakan dalam menerapkan kurikulum merdeka, yaitu kurangnya buku pegangan sebagai bahan ajar untuk pendidik, guru dan siswa masih tahap adaptasi sehingga kurikulum merdeka belum terlaksana secara sempurna, sulitnya menyelaraskan materi PAI dengan materi kejuruan SMK, dan kurang matangnya perencanaan dalam implementasi kurikulum merdeka. Solusi dari hambatan-hambatan tersebut yaitu perlu adanya perencanaan yang matang mulai penentuan target, penganggaran, pengadaan sarana, pelatihan, implementasi dan pendampingan, serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftah, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:38
Last Modified: 17 Sep 2024 06:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item