Efektivitas Penerapan Metode Sorogan dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al – Qur’an Peserta didik MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus

Rosyad, Muhammad Ilma Noa (2023) Efektivitas Penerapan Metode Sorogan dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al – Qur’an Peserta didik MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (937kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi peserta didik di MTs NU Miftahul Huda yang masih ditemukan kesulitan membaca al quran dan adanya penerapan Metode sorogan yang telah lama diterapkan dalam pembelajaran al quran daoat mengatasi kesulitan membaca peserta didik, Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode sorogan dalam upaya mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an peserta didik, mengetahui dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran, hasil penerapan metode sorogan dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an peserta didik MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus, beberapa siswa yang diteliti pada kelas VIII bertujuan untuk mengetahui perkembangan belajarnya. Jenis penelitian lapangan yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berkarakter deskriptif yang berupa narasi atau narasi tanpa adanya data bilangan. peneliti secara langsung ke lapangan dengan pengumpulan data melalui metode observasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi agar dapat mengetahui dan mendiskripsikan data yang diperoleh dengan valid mengenai penelitian penerapan metode sorogan dalam upaya mengatasi kesulitan membaca al quran peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Penerapan metode sorogan sudah dijadwalkan pelaksanaanya pada hari senin dan kamis setelah pembelajaran selesai yaitu pukul 14.00 – 16..00 WIB, ruang peserta didik laki laki dan perempuan dibedakan. Kesulitan yang dialami peserta didik yakni pada tajwid, makhorijul huruf, dan panjang pendek harakatnya. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode sorogan peserta didik maju bergantian menyetorkan materi bacaan kepada guru pengampunya. Dengan adanya penerapan metode sorogan ini guru pengampu dapat mengetahui kemampuan bacaan peserta didik. 2). Faktor pendukung penerapan metode sorogan dalam upaya mengatasi kesulitan membaca Al Quran peserta didik mempunyai guru yang kompeten, guru pengampu seorang hafidzul quran, selain itu program sekolah yang membiasakan tadarus al quran setiap hari pada pagi hari dan siang hari, dan ruang ruang kelas yang bersih dan nyaman,menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran, selain itu madrasah memfasilitasi kitab al quran dan buku iqro untuk belajar peserta didik disisi lain Faktor penghambat dari penerapan metode sorogan ini latar belakang peserta tidak sama, ada yg pernah tpq ada yang tidak, selain itu malu, tertutup dan gugup ketika maju dihadapan guru pengampu, karena belum mempelajari materi yang akan disodorkan, ada yang ramai sendiri dalam proses pelaksanaan, ada yang keluar masuk ruang kelas menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran. 3). Hasil Penerapan Metode Sorogan dalam pembelajaran mampu mengatasi kesulitan peserta didik, dan meningkatkan kemampuan kualitas membaca al qur’an peserta didik, peserta didik yang awal mulanya kesulitan membaca al quran menjadi lancar, peserta didik yang sudah lancar menjadi tambah lancar maka dengan adanya penerapan metode sorogan dalam pembelajaran al qur’an di MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus dapat dikatakan sebagai metode yang efektif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Sorogan, Mengatasi Kesulitan Membaca Al -Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:47
Last Modified: 20 Sep 2024 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item