Miftakhussa’adah, Eka (2023) Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Local Wisdom Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 Kelas III MI Mafatihul Akhlaq Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (429kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (667kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (646kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (280kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis local wisdom education pada siswa kelas III MI Mafatihul Akhlaq Jepara pada tema 6 “Energi dan Perubahannya”, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau tidak, dikarenakan munculnya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada kelas tersebut. Menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda sebanyak 10 soal, observasi, dan dokumentasi pada siswa kelas III sebanyak 22 siswa. selanjutnya data-data tersebut akan ujikan pada beberapa uji analisis data, yaitu uji normalitas, homogenitas, uji N-gain, dan uji hipotesisis. Setelah diujikan dengan bantuan SPSS versi 23 didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini yang sudah diimplementasikan mulai dari kegiatan pendahuluan, inti yang terdiri dari enam sintaks yakni orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji dan menarik kesimpulan, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis local wisdom education ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, hal itu dapat dilihat dari hasil rata-rata yang mulanya 60 (Pretest) naik menjadi 81 (Posttest), selain itu juga dapat dilihat pada saat pengujian N-gain diperoleh rata-rata kelas sebesar 0,54 (kategori sedang), sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t-tabel didapatkan bahwa nilai thitung<ttabel = 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis local wisdom education dapat meningkatkan hasil belajar melalui pretest dan posttest pada siswa kelas III MI Mafatihul Akhlaq.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Local Wisdom Education, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:10 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12034 |
Actions (login required)
View Item |