Fitriani, Fitriani (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet, Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (369kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (888kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (683kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (460kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (998kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (441kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) memberikan deskripsi secara mendalam tentang Upaya Guru PAI dalam menangkal radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet. (2) mendapatkan gambaran strategi Guru PAI dalam menangkal radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet. Dan (3) memberikan deskripsi secara mendalam tentang hasil yang diperoleh Guru PAI dalam upaya menangkal radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek utama penelitian ini yaitu guru PAI dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan upaya guru PAI SMA Negeri 1 Dempet Demak dalam memerangi radikalisme meliputi penerapan kurikulum, standar isi dan materi nilai-nilai keislaman, pendampingan peserta didik, serta membimbing dan menangani peserta didik yang di indikasi mengarah pada paham radikal. Selain itu, pihak sekolah memberikan fasilitas yang sama bagi peserta didik (tidak ada diskriminasi), memantau dan memantau kegiatan keagamaan Islam yang sedang berlangsung, serta kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk mencegah radikalisme. (2) Strategi guru PAI dalam Upaya menangkal radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet Demak antara lain melalui kegiatan belajar mengajar di kelas, mengajarkan nilai toleransi, serta melalui kegiatan keagamaan seperti kegiatan Isra’ Mi’raj di sekolah. (3) Hasil yang dicapai guru PAI dalam upaya mencegah radikalisme di SMA Negeri 1 Dempet Demak antara lain dalam proses belajar mengajar mendapat respon positif dari peserta didik dan pemahaman kepada peserta didik tentang bahaya radikalisme, peserta didik serta dapat membedakan sikap radikalisme dan non-radikalisme
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Guru PAI, Radikalisme | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:38 | |||||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:38 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12038 |
Actions (login required)
View Item |