Fitriani, Friska Nurul (2023) Manajemen Program Tahfidz al Quran di SMP Qiraati Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (834kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (357kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (610kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (656kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (610kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (355kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk 1) untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) untuk mengetahui berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen melalui program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yg digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini disubjekkan kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru tahfidz dan peserta didik, sedangkan objeknya yaitu tentang Manajemen Program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut; 1) Pelaksanaan program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah telah berjalan sejak awal berdirinya SMP Qiraati Miftahussa’adah. Seiring berjalannya waktu program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah terus dikembangkan, sehingga sekolah SMP Qiraati Miftahussa’adah menjadi sekolah yang bercirikhas Alquran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai sekolah. Manajemen program Tahfidz Alquran di SMP Qiraati Miftahussa’adah masih memerlukan pembenahan, karena dari segi administrasi SMP Qiraati Mistahussa’adah ini belum menuangkan perencanaannya dalam bentuk dokumen yang dapat dijadikan acuan pelaksanaan program tersebut, namun dalam praktik pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi dari program tahfidz Alquran ini sudah bagus. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program diantaranya adalah usia siswa, kualitas mutu sekolah, dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya pelaksanaan program meliputi terbatasnya alokasi waktu KBM, lingkungan pergaulan siswa, daya ingat siswa terhadap hafalan Alquran, dan keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Saran yang diajukan penulis untuk SMP Qiraati Mistahussa’adah diantaranya; melaksanakan manajemen program dengan baik, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, baik dari segi administrasi maupun praktiknya, serta memberikan fasilitas yang memadai untuk siswa-siswi SMP Qiraati Mistahussa’adah, supaya SMP Qiraati Mistahussa’adah menjadi lembaga yang semakin maju lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Program Tahfidz al Quran | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:20 | ||||||
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12057 |
Actions (login required)
View Item |