Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPA SMP/MTs

Ni’mah, ‘Umdatun (2023) Systematic Literature Review: Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (847kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan berbagai macam suku, etnis, dan budaya yang beragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan maupun ciri khas berbeda-beda yang menjadi identitas daerah tersebut. Potensi kearifan lokal sebagai sumber belajar yang melimpah di Indonesia dapat dimanfaatkan, diolah dan dikemas sesuai dengan kompetensi pembelajaran untuk kemudian disusun menjadi sebuah bahan ajar yang menarik dan inovatif. Hal ini dikarenakan efektivitas pembelajaran dapat tercapai salah satunya dengan menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan situasi dan kondisi, baik dari konten materi maupun keadaan lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa artikel jurnal relevan untuk mengetahui perkembangan jumlah artikel dan untuk mengetahui gambaran efektivitas bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran IPA di SMP/MTs pada tahun 2018-2022. Jenis penelitian menggunakan Systematic Literature Review (SLR) metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses) dengan teknik analisis data meta-sintesis. Pencarian sumber data artikel jurnal dilakukan melalui database Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “bahan ajar” dan “etnosains” yang diperoleh 1.130 paper. Terdapat sebanyak 216 artikel yang dinilai memenuhi syarat untuk selanjutnya dilakukan quality checklist and procedures, sehingga diperoleh 19 artikel relevan. Berdasarkan hasil systematic literature review dari 19 artikel relevan tentang efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran IPA SMP/MTs, diperoleh hasil yang cukup beragam yaitu perkembangan artikel penelitian bahan ajar IPA berbasis etnosains pada tahun 2018-2022 berfluktuatif. Artikel paling banyak ditemukan pada tahun 2019 dengan jenis penelitian yang paling banyak digunakan yaitu jenis Research and Development (R&D) melalui instrumen penelitian berupa tes maupun tes dan angket. Jenis-jenis bahan ajar yang digunakan dapat berupa bahan ajar cetak yaitu LKS/LKPD, modul, dan handout, serta bahan ajar non cetak berupa modul web dan aplikasi ESW (E-Student’s Worksheet). Berdasarkan analisis artikel diketahui bahwa penggunaan bahan ajar berbasis etnosains pada pembelajaran IPA di SMP/MTs efektif, dimana bahan ajar IPA berbasis etnosains dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan literasi sains, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan proses sains, meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah, meningkatkan rasa cinta tanah air dan kepedulian lingkungan, serta meningkatkan kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Systematic Literature Review, Bahan Ajar, dan Etnosains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 04:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item