Upaya peningkatan literasi melalui metode presentasi pada pembelajaran SKI bagi peserta didik di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara

Satriawati, Lilis (2023) Upaya peningkatan literasi melalui metode presentasi pada pembelajaran SKI bagi peserta didik di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Budaya literasi di Indonesia menjadi sebuah topik yang sangat menarik untuk dibahas. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia menjadi agenda yang harus diprioritaskan. Terutama bagi seorang guru SKI literasi juga menjadi persoalan yang perlu dibenahi karena mata pelajaran SKI banyak memuat tentang bacaan, deskripsi sejarah yang menuntut peserta didik untuk membaca, menelaah, memahami, menghafal dan dapat menceritakan Kembali materi yang dipelajarinya. Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran SKI adalah memilih metode pembelajaran yang tepat dan juga sebuah metode yang mengarah pada terlaksananya kegiatan literasi. Metode presentasi menjadi alternative yang tepat dalam menumbuhkan minat baca peserta didik, hal ini karena sebelum presentasi dibutuhkan kemampuan literasi karena sebelum presentasi, pembicara perlu mengolah, membandingkan, dan menyeleksi informasi yang akan disampaikan terlebih dahulu. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode presentasi pada mata pelajaran SKI sebagai upaya untuk menumbuhkan literasi peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. Subjek penelitian ini adallah guru mata pelajaran SKI dan peserta didik MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) metode presentasi di MA Tanbihul Ghofilin Banjarnegara dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian atau evaluasi. Dengan dilaksanakan metode presentasi dirasa membantu meningkatkan literasi khususnya literasi informasi pada peserta didik. 2) beberapa faktor pendukung penerapan metode presentasi dalam pembelajaran SKI yaitu: keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, ketersediaan waktu pembelajaran yang memadai dan juga keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau berbicara di depan teman-temannya. Adapun faktor penghambatnya yaitu: ketergantungan dengan media presentasi dan keterbatasan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode presentasi, budaya literasi dan mata pelajaran SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:08
Last Modified: 24 Sep 2024 05:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item View Item