Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Persepsi Pemilik dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM (Studi pada Sentra Industri Patung Mulyoharjo Jepara)

Sawitri, Wyda Ayu Nur (2023) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Persepsi Pemilik dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM (Studi pada Sentra Industri Patung Mulyoharjo Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: Pertama, guna mempelajari hasil analisis pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM di Sentra industri patung Mulyoharjo. Kedua, untuk menganalisis pengaruh persepsi pemilik terhadap penggunaan informasi akuntansi. Ketiga, guna memperoleh hasil analisis dari pengaruh pengalaman usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Keempat, untuk mengetahui apakah pengetahuan akuntansi, persepsi pemilik dan pengalaman usaha memiliki pengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi UMKM di sentra industri patung Mulyoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini yaitu field research dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam mengambil sampelnya ialah purposive sampling dengan menyebar kuesioner yang berisikan pertanyaan-pertanyaan dan diolah melalui SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan akuntansi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 1,260 < ttabel 1,999 dan taraf signifikansi 0,212 > 0,05. Variabel persepsi pemilik tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai thitung 0,700 < ttabel 1,999 serta niali signifikansi 0,487 > 0,05. Variabel pengalaman usaha berpengaruh signifikan kepada penggunaan informasi akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,503 > ttabel 1,999 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian, terdapat pengaruh secara simultan pengetahuan akuntansi, persepsi pemilik serta pengalaman usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji simultan (Uji F) didapatkan skor signifikansi sejumlah 0,05 (0,000 < 0,05) serta didapatkan skor Fhitung > Ftabel, sebesar 19,660 > 2,75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSurepno, SurepnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan akuntansi, persepsi pemilik, pengalaman usaha, penggunaan informasi akuntansi
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Akuntansi
Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:14
Last Modified: 25 Sep 2024 08:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item