Implementasi Pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam Menangkal Paham Radikalisme

Nandilla, Nandilla (2023) Implementasi Pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam Menangkal Paham Radikalisme. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (797kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (710kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (488kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam Menangkal Paham Radikalisme dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam Menangkal Paham Radikalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara teknik pengumpulan datanya melalui observasi Passive Observasi Partisipasi Pasif (Participant Observation) wawancara semi terstruktur (semistructure interview) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik yang diformulasikan oleh Miles and Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data (Data Collection), reduksi data, penyajian data, dan melakukan Verification/Conclusion Drawing. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak terdiri dari tiga bagian yaitu tujuan, proses dan evaluasi. Tujuan pembelajaran ini yaitu untuk membawa dan menanamkan nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah pada siswa. Pada bagian proses terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan pembelajaran ke-NU-an mengacu pada silabus dan RPP yang memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, penilaian, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan sumber belajar (2) Implementasi pembelajaran ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda dalam menangkal paham radikalisme dilakukan melalui beberapa program pembelajaran, Pertama, melalui penguatan kemampuan ritual keagamaan Ahl al-Sunnah wa al-Jamā’ah seperti pembelajaran Alquran An-Nahdliyyah, ritual berbasis tradisi amaliah Aswaja dalam bentuk salat berjamah, istigasah, ziarah makam para wali,dan sebagainya. Kedua, melalui pembelajaran nilai-nilai Aswaja, yaitu tasāmuḥ (toleransi),tawassuṭ (pertengahan), tawāzun (keseimbangan), i‘tidāldi dalam kelas maupundi luar kelas, dengan menggunakan model pembelajaran aktif siswa. Dengan hal ini bertujuan untuk membentengi diri dari pengaruh atau ajakan kelompok radikal. (3) Faktor pendukung penerapan Implementasi pembelajaran ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam menangkal paham radikalisme antara lain faktor kesiapan guru, kemampuan dan kompetensi guru dalam mengajar. Faktor selanjutnya yaitu kesiapan siswa dalam pembelajaran yang berupa kesiapan fisik dan kesiapan psikis. Faktor pendukung selanjutnya adalah dukungan lingkungan sekitar yaitu lingkungan yang beragam yang menjaga toleransi antar tetangga. Sedangkan faktor penghambat penerapan pendidikan Islam berbasis Islam wasathiyah pada pembelajaran Ke-NU-an di MA NU Mazroatul Huda Wonorenggo Demak dalam menangkal paham radikalisme antara lain faktor kesiapan guru,yaitu alokasi waktu. Pembelajaran ke-NU-an yang hanya 2 jam pelajaran setiap minggunya, misalnya guru yang sedang serius menjelaskan mengenai pelajaran namun harus terputus karena jam pelajaran yang telah habis. Selain itu adanya kemajuan teknologi namun disalahgunakan dalam mencari infomasi dan penempatanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran ke-NU-an, Radikalisme
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Organisasi Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:24
Last Modified: 26 Sep 2024 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item