Miskiyyah, Zakiyatul (2023) Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di Kelas XI dan XII IPA Unggulan Tahfidz MA NU Banat Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (565kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, selain itu pendidikan juga membantu peserta didik mengembangkan potensinya supaya aktif dalam proses pembelajaran. Maka dalam hal ini sekolah merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam membentuk karakter religius peserta didik yang akan menjadi bekal masa depan mereka. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana upaya pembentukan karakter religius melalui kegiatan kegamaan di Kelas IPA Unggulan Tahfidz MA NU Banat Kudus Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Koordinator Program Unggulan, Waka Keagamaan, guru BK, guru tahfidz dan siswi kelas IPA Unggulan Tahfidz MA NU Banat Kudus sebagai sumber data primer, adapun sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan arsir-arsip resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian setelah datanya terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification) Sehingga hasil dari penelitian ini peneliti dapat menemukan bahwa: (1) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan tahfidz dilaksanakan dua pertemuan dalam setiap harinya. Karakter yang terbentuk melalui kegiatan tahfidz diantaranya cinta damai, kerjasama, teguh pendirian, ketulusan, nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilak akhlak dan kedisiplinan, nilai amanah dan ikhlas. (2) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan shalat dhuha merupakan kebiasaan yang dilaksanakan oleh peserta didik dalam menjalankan ibadah sunnah. Karakter yang terbentuk melalui kegiatan shalat dhuha diantaranya teguh pendirian, anti kekerasan atau tidak memaksakan kehendak, ketulusan, mencintai lingkungan, nilai ibadah dan nilai disiplin. (3) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan jamah shalat dzuhur dan asar merupakan kegiatan untuk membiasakan peserta didik selalu melaksanakan shalat berjamaah diawali di madrasah. Karakter yang terbentuk melalui kegiatan jamaah shalat dzuhur dan asar diantaranya sesuai dengan indikator karakter religius menurut Kemendiknas yaitu: toleransi, mencintai lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih, percaya diri, nilai ibdah, nilai keteladanan, nilai akhlak dan nilai kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Religius dan Kegiatan Keagamaan | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 09:05 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 09:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12129 |
Actions (login required)
View Item |