Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan dan Keteladanan di SMP 1 Gebog Kudus

Al Maula, Zaenal Fikri (2023) Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan dan Keteladanan di SMP 1 Gebog Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (962kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (741kB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (955kB)
[img] Text
5. bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. bab 5.pdf

Download (541kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk karakter religius peserta didik melalui pembiasaan yang diterapkan melalui program harian, program mingguan dan program tahunan di SMP 1 Gebog Kudus. (2) Untuk mengetahui bentuk keteladanan guru dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP 1 Gebog Kudus. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP 1 Gebog Kudus. (4) Untuk mengetahui hasil pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan di SMP 1 Gebog Kudus. Pendekatan dalam penelitian berjenis empiris ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau sampel sesuai kriteria tertentu. Adapun subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bagian Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan perwakilan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman dimana analisis data dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah reduksi data; penyajian data; dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan meningkatkan ketekunan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan, serta dengan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembiasaan kegiatan keagamaan dilaksanakan rutin yang bentuknya pembiasaan secara harian, mingguan dan tahunan; (2) Bentuk keteladanan guru dalam membentuk karakter religius peserta didik, meliputi: pengawalan pembiasaan keagamaan, berperilaku baik, berpakaian dan bertutur kata secara sopan, disiplin dan pengawalan ekstrakurikuler keagamaan. (3) Faktor pendukungnya yaitu: sarana prasarana memadai, dukungan orang tua, latar belakang pendikan orang tua, kerjasama antara sekolah dan orang tua, kesadaran diri peserta didik, komitmen seluruh warga sekolah, dan efektivitas ekstrakurikuler keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya dukungan guru selain guru PAI-BP, kurangnya kerjasama guru dengan tenaga kependidikan, kurangnya dukungan orang tua, latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, dan lingkungan masyarakat yang kurang baik. (4) Hasil pembentukan karakter religius peserta didik di SMP 1 Gebog Kudus diantaranya: peserta didik terbiasa dengan pembiasaan keagamaan, berkurangnya kata kotor yang terucap dari peserta didik, pelaksanaan salat dzuhur secara berjamaah berjalan dengan tertib, peserta didik terlihat lebih santun, peserta didik mampu menghafal surat pendek dan doa harian, dan patuh pada peraturan sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Thesis advisorMufid, FathulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Pembiasaan dan Keteladanan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:56
Last Modified: 30 Sep 2024 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item