Susanti, Nevika Imelia (2023) Pemanfaatan Media Tiga Dimensi Pop Up Book dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda 01 Damarwulan Keling Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. BAGIAN DEPAN.pdf Download (649kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (450kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (520kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (344kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
Abstract
Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan media tiga dimensi Pop-up Book dalam pembelajaran IPA materi ekosistem pada siswa kelas V MI Miftahul Huda 01 Damarwulan dan mengetahui respon peserta didik kelas V MI Miftahul Huda 01 Damarwulan terhadap pemanfaatan media Pop-up Book dalam pembelajaran IPA materi ekosistem. Data dalam penelitian ini akan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisa dengan 4 tahapan yang meliputi Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Verifikasi (Verification/ Conclusion Drawing). Lokasi dalam penelitian ini berada di MI 01 Damarwulan Keling Jepara. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa 1) pelaksanaan pemanfaatan media tiga dimensi Pop Up Book dalam pembelajaran IPA materi ekosistem pada siswa kelas V MI Miftahul Huda 01 Damarwulan dapat digambar dalam 4 rangkaian kegiatan yang meliputi kegiatan pra-kelas, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiaran pra-kelas dilakukan guru dal am hal ini guru melakkan persiapan dengan embuat media berupa media Pop Up Book. Kemudian dalam kegiatan awal, guru melakukannya dengan berdoa’a besama, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti, sebagai kegiatan penerapan Pop Up Book di pembelajaran IPA materi ekosistem. Dalam penerapannya guru menggunakan media tersebut dengan baik dan membuat peserta didik dapat focus dan senang mengikuti pembelajaran. Di akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi pembelajaran. 2) Respon peserta didik kelas V MI Miftahul Huda 01 Damarwulan dalam pembelajaran IPA materi ekosistem dengan media tiga dimensi Pop-up Book menunjukkan pada respon yang postif. Respon positif tersebut dpat dilihat dari antusias siswa selama pembelajaran yang ditunjukkan pada motovasi belajar siswa tinggi selama belajar dengan media Pop Up Book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Tiga Dimensi Pop Up Book, Pembelajaran IPA Materi Ekosistem | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:07 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12147 |
Actions (login required)
View Item |