Saadah, Siti Chusnul Chotimah (2023) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Dalam Mengatasi Degradasi Moral Peserta Didik di MA Suniyyah Selo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (348kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (336kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (377kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (134kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan fenomena yang ditemukan di MA Suniyyah Selo. Berdasarkan fakta dan kenyataan hasil observasi awal dengan guru BK di MA Sunniyah Selo, sebenarnya telah menerapkan nilai-nilai moral yang baik. Akan tetapi, tetap saja terdapat beberapa kebiasaan moral yang kurang baik dari peserta didik. permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik di lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab guru bimbingan dan konseling untuk mengentaskannya. Pengentasan masalah yang dialami peserta didik di sekolah. Guru BK memiliki cara dan strategi tersendiri, strategi tersebut disesuaikan dengan permasalahan yang dialami oleh peserta didik dan strategi tersebut biasa disebut dengan strategi layanan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk degradasi moral peserta didik di MA Sunniyah Selo. (2)Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab degradasi moral peserta didik di MA Sunniyah Selo. (3) Untuk mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mengatasi degradasi moral peserta didik di MA Sunniyah Selo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru BK, dan peserta didik MA Suniyyah Selo. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi serta teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bentuk-bentuk degradasi moral peserta didik di MA Suniyyah Selo yaitu terlambat masuk sekolah, kurangnya sopan santun peserta didik, membawa HP di sekolah, tidak berangkat tanpa ijin, tidak menyelesaikan tugas dan, tidak disiplin pada peraturan yang telah ditetapkan di madrasah. 2) Faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi moral peserta didik di MA Suniyyah Selo terdapat dua faktor. Faktor tersebut yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal internal meliputi a. dari peserta didik sendiri, b. pola asuh orang tua, c. keadaan lingkungan peserta didik. Sedangkan faktor eksternal yaitu latar belakang sekolah peserta didik. 3) Strategi guru BK dalam mengatasi degradasi moral peserta didik di MA Suniyyah Selo dengan memberikan layanan konseling meliputi konseling individu dan konseling kelompok. Selain itu juga guru BK memberikan tugas positif berupa membaca Asmaul Husna, uang infaq, membaca surat-surat pendek yang terdapat dalam AL-Qur’an, sholat dhuha, dan pemanggilan orang tua ke madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru BK, Guru BK, Degradasi Moral | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:20 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12149 |
Actions (login required)
View Item |