Khilyatussaadah, Khilyatussaadah (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I di SDN Logung Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (866kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (675kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (776kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (449kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (555kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023, 2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023, 3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserach) dengan pendekatan kualitatif dalam melakukan penelitian. Ada dua sumber yang dijadikan acuan dalam penyusunan skripsi ini. Yang pertama sumber primer meliputi Kepala Sekolah, Guru Kelas I, dan Siswa Kelas I. Sedangkan data sekunder berasal dari jurnal dan dokumentasi yang berhubungan dengan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap Kepala Sekolah, Guru Kelas I, dan Kepala Sekolah, serta observasi dengan mengikuti kegiatan pembelajaran secara langsung, dan dokumentasi hal-hal yang mengenai peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun jaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023 ada bermacam-macam. Peran tersebut antara lain : guru sebagai pengajar, guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai motivator, dan guru sebagai fasilitator 2) Upaya- upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023 yaitu : berkoordinasi dengan orang tua siswa, menyelipkan ice breaking dan game tebak kata, menempatkan tempat duduk siswa yang belum lancar membaca untuk duduk di kursi depan dekat dengan guru, menyediakan buku di pojok kelas, serta menempelkan gambar-gambar menarik di dinding kelas 3) Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Logung tahun ajaran 2022/2023 yaitu kurangnya minat dan antusias siswa untuk belajar membaca dan juga kurangnya perhatian dari orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar membaca, dan Siswa Kelas I | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:49 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12151 |
Actions (login required)
View Item |