Systematic Review Terhadap Perkembangan Riset STEM Dalam Pembelajaran IPA Pada Jenjang SMP/MTs

Choiriya, Nabila Jaza’a (2023) Systematic Review Terhadap Perkembangan Riset STEM Dalam Pembelajaran IPA Pada Jenjang SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi di abad 21 semakin pesat, hal ini ditandai dengan perubahan segala aspek kehidupan yang mulai bergantung dengan teknologi. Penguasaan dan pengintegrasian pengetahuan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) semakin diperlukan untuk menyelesaikan isu-isu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian Systematic review jenis meta-synthesis (kualitatif) dengan menggunakan metode PRISMA. Meta-sintesis merupakan teknik dalam merangkum hasil-hasil penelitian untuk mendapatkan teori maupun konsep baru atau tingkat pemahaman yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai perkembangan riset STEM dalam Pembelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs yang terdapat pada laman pengindeks SINTA peringkat 1-6 dalam rentang waktu tahun 2018-2022. Subyek penelitian ini literatur-literatur ilmiah yang terindeks pada laman web SINTA peringkat 1-6. Sumber data dalam penelitian ini adalah berbagai literatur yang membahas tentang STEM dalam Pembelajaran IPA pada Jenjang SMP/MTs yang terdapat dalam jurnal ilmiah yang terindeks pada laman SINTA peringkat 1-6. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan dokumen pada laman SINTA dengan kriteria kelayakan yang telah ditentukan. Sedangkan data dianalisis menggunakan metode PRISMA yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tahapan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan Riset STEM dalam Pembelajaran IPA jenjang SMP/MTs berpotensi baik, hal ini ditandai dengan konsep STEM yang sudah banyak diimplementasikan dalam penelitian tentang perangkat pembelajaran IPA berbasis STEM, dan penelitian dengan topik jenis proyek STEM dalam Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Faiq MakhdumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STEM, Pembelajaran IPA SMP, Systematic Review
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:07
Last Modified: 02 Oct 2024 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12174

Actions (login required)

View Item View Item