Aulia, Tazkia (2023) Analisis Kegiatan Bermain Outdoor (Studi Kasus di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara) Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (506kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (308kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (724kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (298kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perencanaan metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 2) Pelaksanaan metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 3) Evaluasi metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui teknik observasi, teknik wawancara serta dokumentasi terhadap lembaga pendidikan yang terkait dengan penelitian yaitu TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara. Sumber data diperoleh peneliti dari Kepala Sekolah, Guru Kelas A dan Guru Kelas B. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023, pendidik sebelum memulai pembelajaran harus terlebih dahulu menyiapkan bahan ajar berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), memastikan teknis sebelum pembelajaran berupa keamanan tempat dan media yang akan digunakan anak, serta menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan usia anak serta aspek perkembangan yang ingin dicapai. 2) Pelaksanaan metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan beberapa tahap kegiatan yaitu kegiatan awal berupa baris dan doa, kegiatan inti yang dikategorikan menjadi 2 jenis permainan yaitu peralatan tetap terdiri dari melewati papan titian dan perlatan yang dapat dipindahkan yang terdiri dari menangkap dan menendang bola, kemudian kegiatan mengenalkan alam sekitar, terakhir pada kegiatan akhir merupakan kegiatan recalling. 3) Evaluasi metode bermain Outdoor di TK Tarbiyatul Athfal Sendang Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023, terdiri dari 2 penilaian yaitu penilaian harian yang merupakan penilaian yang dilakukan setiap hari pada semua aspek perkembangan anak, kemudian penilaian metode bermain Outdoor yang memiliki beberapa indikator penilaian yakni antusiasme siswa, keikutsertaan siswa dalam setiap kegiatan serta kemampuan siswa melaksanakan kegiatan dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain Outdoor, aspek perkembangan, anak usia dini | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:18 | ||||||
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12177 |
Actions (login required)
View Item |