Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Keluarga Buruh Di Desa Kirig Kecamatan Mejobo Kabputaen Kudus

Khoir, Afif Fahmi Alfianul (2023) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Keluarga Buruh Di Desa Kirig Kecamatan Mejobo Kabputaen Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pendidikan karakter yang berkaitan dengan pembentukan mental dan sikap anak didik dikelola dengan menanamkan nilai-nilai islami dan nilai tradisional yang positif. Namun jika diamati dengan baik, tujuan utama pendidikan karakter bisa dikatakan gagal atau belum tercapai, hal itu dapat dilihat secara jelas di era globalisasi seperti sekarang ini. Era globalisasi menghadirkan teknologi informasi yang semakin canggih. Namun kemajuan teknologi membawa dampak yang negatif. Salah satunya yaitu kemerosotan akhlak. Dari fenomena diatas sangat jelas bahwa permasalahan sebuah lembaga pendidikan adalah bagaimana sekolah tersebut dalam membentuk karakter islami peserta didik. Mengingat semakin maraknya hal-hal negatif seperti yang telah dijelaskan diatas maka pembentukan karakter dan kepribadian anak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan karakter islami di dalam keluarga anak buruh Desa KIrig , karakter di dalam keluarga anak buruh Desa KIrig dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan karakter islami peserta didik di dalam keluarga anak buruh Desa KIrig. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pembentukan karakter islami peserta didik melalui metode pembiasaan di dalam keluarga anak buruh Desa KIrig meliputi: Taat kepada Allah Swt, Syukur, Bertanggung jawab,Disiplin,Santun,Ramah,Menghormati orang lain. Orang tua memliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan ahklaq anak. Orang tua adalah keluarga merupakan madrasatul’ula atau sekolah pertama dan utama jadi anak, harus dapat memberikan penguatan terhadap pendidikan karaktaer anak di rumah. Pendidikan karakter merupakan salah satu bentuk penanaman nilai-nilai siswa untuk menjadikan mereka sebagai individu yang bermanfaat dikalangan masyarakat, bangsa, dan Negara. Pendidikan karakter sebagai substansi dan tujuan pendidikan budi pekerti, budi pekerti merupakan ada beberapa terjemahan, yaitu : adat istiadat, sopan santun, dan perilaku. Budi pekerti bias dikatakan sebagai nilai-nilai perilaku manusia ada kebaikan dan keburukan melalui norma agama, norma hokum tat kerama, sopan santun, norma budaya dan adat istiadat yang ada di dalam lingkungan masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuciati, SuciatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Orangtua, Anak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:45
Last Modified: 02 Oct 2024 04:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item