The Implementation of Storyboard Media to Improve the Seventh Grade Students' Narrative Text Writing at Mts Miftahul Huda Sumberrejo Jepara

Hasanah, Dewi Rohmatul (2023) The Implementation of Storyboard Media to Improve the Seventh Grade Students' Narrative Text Writing at Mts Miftahul Huda Sumberrejo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (283kB)
[img] Text
03. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (280kB)
[img] Text
04. CHAPTER I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
05. CHAPTER II.pdf

Download (535kB)
[img] Text
06. CHAPTER III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
07. CHAPTER IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
08. CHAPTER V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
09. REFERENCES.pdf

Download (367kB)

Abstract

Skripsi ini membahas Penerapan Media Storyboard untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII di Mts Miftahul Huda Sumberrejo Jepara.Peneliti tertarik meneliti judul tersebut karena menulis merupakan salah satu keterampilan yang paling sulit diantara keterampilan berbahasa lainnya (membaca, berbicara dan menyimak). Oleh karena itu, guru bahasa Inggris harus menemukan beberapa cara kreatif untuk mengajar menulis daripada hanya mengarahkan siswa untuk menulis tanpa memikirkan bagaimana memfasilitasi mereka. Media storyboard diyakini sangat cocok untuk pengajaran menulis teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana siswa kelas VII meningkatkan keterampilan menulis teks naratif di Mts Miftahul Huda Sumberrejo, (2) Untuk menjelaskan penerapan media storyboard untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa kelas VII di Mts Miftahul Huda Sumberrejo, dan (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan media storyboard dalam menulis teks naratif di Mts Miftahul Huda Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke Mts Miftahul Huda Sumberrejo.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan menulis teks naratif di Mts Miftahul Huda Sumberrejo berjalan dengan baik, namun sebagian siswa masih merasa bosan sehingga gaduh dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan untuk menulis teks naratif.Hal yang membuat siswa sulit adalah ketidaktahuan mereka dalam menggunakan tata bahasa. Kurangnya kosakata juga mempengaruhi siswa dalam menggunakan tenses, klausa, kata kerja, dan koma yang tidak tepat. Untuk itu guru memberikan media yang menarik agar siswa antusias dan paham dalam mengikuti pembelajaran. (2) Penerapan media storyboard dalam pembelajaran menulis teks naratif di kelas Mts Miftahul Huda Sumberrejo dilakukan dalam tiga tahap yaitu pertama, tahap perencanaan meliputi menyusun RPP dan menyiapkan media pembelajaran yang dibutuhkan seperti LKS dan alat media storyboard. Kedua, terdapat tiga tahapan praktikum yaitu: Kegiatan pembukaan (memberikan salam dan mengecek data kehadiran siswa). Kegiatan inti (kegiatan menulis teks naratif dengan menggunakan media storyboard. Diawali dengan memotivasi siswa agar semangat dalam pembelajaran, guru menjelaskan materi yang digunakan dalam pembuatan media storyboard, guru memberikan tugas kepada siswa dan perwakilan kelompok menjelaskan tugasnya di depan kelas Kegiatan penutup (guru mengajak siswa untuk memperbaiki tugasnya dan menanyakan kepada siswa kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas). Ketiga, tahap evaluasi dilakukan setelah pembelajaran lengkap.(3) Kelebihan media storyboard adalah mampu memotivasi siswa dalam belajar, mudah dipahami oleh siswa, dan lebih praktis dalam proses pembelajaran di kelas. Sedangkan media storyboard memiliki kekurangan yaitu mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik dan memakan banyak biaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalia, Taranindya ZulhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penulisan dan Masalah, Narrative Text, Storyboard
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:56
Last Modified: 08 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item