Haq, M. Hanif Irhamul (2023) Difficulties of Single-Sex Class Students in Learning Speaking: A Case Study at One Islamic Senior High School In Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (397kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (258kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (382kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (523kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (393kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (517kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (449kB) |
Abstract
Kemampuan berbicara (speaking) merupakan salah satu keterampilan penting dalam menguasai bahasa Inggris dan sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Namun dalam proses menguasi kemampuan berbicara, siswa menghadapi banyak kesulitan yang dapat menghambat perkembangan keterampilan berbicara mereka. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji kesulitan belajar siswa pada kelas Single-sex di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa kelas putra dan putri di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dalam pembelajaran speaking, dan alternatif penanganan kesulitan berbicara siswa. Metode deskriptif kualitatif diadopsi oleh peneliti sebagai metodologi penelitian dan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian ini. Partisipan dalam proses wawancara adalah tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan kelas 10 dan satu guru bahasa inggris, dan untuk peserta pengisian angket terdapat 27 siswa laki-laki kelas 10 IPS dan 31 siswa perempuan kelas 10 IPA. Hasil penelitian ini adalah 1) Seluruh siswa laki-laki memilih tata bahasa (grammar) sebagai komponen speaking yang paling sulit, 2) Seluruh siswa perempuan memilih pengucapan (pronunciation) sebagai aspek speaking yang paling sulit di kelas perempuan, 3) Alternatif yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di MA NU Ibtidaul Falah Kudus untuk memecahkan masalah speaking siswa termasuk menggunakan code-switching untuk kesulitan pemahaman (comprehension), menggunakan dialog atau monolog untuk kesulitan kelancaran (fluency), menggunakan mind mapping untuk kesulitan kosa kata (vocabulary), menggunakan strategi elaborasi dan strategi pengulangan untuk kesulitan pengucapan (pronunciation), dan menggunakan pembelajaran berbasis permainan untuk kesulitan tata Bahasa (grammar).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | speaking difficulties, single-sex class, speaking alternatives | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:12 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12245 |
Actions (login required)
View Item |