Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran IPS Era New Normal di MTs Sunan Prawoto Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

Haya, Afwan Khoirul (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran IPS Era New Normal di MTs Sunan Prawoto Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (659kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang sangat menekankan akan pentingnya penguasaan peserta didik dalam ketrampilan proses, namun data di lapangan belum ada tanda-tanda hal tersebut. Hasil-hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar siswa hanya menjadi objek pembelajaran. Hal ini menjadikan siswa pasif dikarenakan peran tenaga pendidik sebagai center pada kegiatan belajar mengajar di kelas terlalu mendominasi tanpa melibatkan keaktifan siswa. Hal tersebut juga berlangsung di MTs Sunan Prawoto. Terlebih di masa Era New Normal seperti sekarang, pembelajaran lebih banyak dilakukan secara daring. Peran guru tentu dibutuhkan agar mampu menciptakan pemebalajaran IPS di MTs Sunan Prawoto yang efektif. Diantara beberapa kompetensi yang harus dimiliki guru, Kompetensi Pedagogiklah yang dominan dalam upaya menciptakan pembelajaran IPS yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah unruk Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru MTs Sunan Prawoto dalam pembelajaran IPS, mengetahui efektifitas kompetensi pedagogik guru pada era new normal dalam pembelajaran IPS di MTs Sunan Prawoto, serta mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran IPS pada era new normal di MTs Sunan Prawoto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengumpulkan data-data dan menguji kebenarannya mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran era new normal di MTs Sunan Prawoto. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI A MTs Sunan Prawoto yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 64,206 lebih besar dari F tabel, di mana F tabel untuk df1 = 1 dan df2 = 24 adalah 4,260 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh anatar kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran IPS era New Normal di MTs Sunan Prawoto. Tingkat pengaruh kompetensi pedagogik guru (variabel X) dengan efektivitas pembelajaran IPS era New Normal (variabel Y) sesuai dengan koefisien determinasi (R Square) yang menunjukkan hasil 0,628 adalah sebesar 62,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Pembelajaran IPS Era New Normal.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:54
Last Modified: 08 Oct 2024 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12253

Actions (login required)

View Item View Item