Nadiyah, Dewi Laila (2023) Peran Ujian Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (750kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (521kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan di bidang Tahfidz yang mendapat tantangan mengenai semakin banyaknya permasalahan siswa saat dalam proses menghafalkan Al-Qur’an, khususnya motivasi siswa masih kurang. Sehingga menjadikan siswa malas, ini memberikan pengaruh yang buruk terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an siswa menjadi rendah. Untuk itu penerapan sistem evaluasi pembelajaran dengan ujian Tahfidz kepada siswa menjadi begitu penting untuk dilakukan, agar semangat menghafal Al-Qur’an siswa meningkat, serta akan menghasilkan hafalan Al-Qur’an yang sangat baik dan berkualitas. Dari sini, peneliti tergugah untuk melakukan penelitian tentang peran ujian tahfidz kenaikan juz dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat menghafal Al-Qur’an di SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hal-hal yang memotivasi siswa dalam mengikuti ujian Tahfidz, untuk mengetahui penerapan peran ujian tahfidz dalam upaya meningkatkan semangat menghafal Al-Qur’an siswa saat siswa atau santri sedang ujian Tahfidz, untuk mengetahui implikasi motivasi siswa pasca ujian Tahfidz. Peneliti melakukan field research (penelitian lapangan) lewat pendekatan kualitatif. Lalu teknik pengumpulan data peneliti kumpulkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru tahfidz, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan beberapa siswa kelas VIII. Sementara analisis data peneliti lakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian mengambil kesimpulan. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Siswa memiliki motivasi yang cukup sebelum siswa melaksanakan ujian Tahfidz (2) Peran ujian Tahfidz yang dilaksanakan di SMP Tahfidh Ma’had Yasin Kudus yaitu sebagai pendorong motivasi siswa untuk dapat lebih menguatkan hafalan pada ayat yang kurang dikuasai, kemudian ujian Tahfidz juga berfungsi sebagai sebagai indikator keberhasilan sistem Tahfidz. Ujian Tahfidz tersebut sudah memenuhi empat poin utama fungsi evaluasi pembelajaran yang dapat mengupayakan semangat siswa dalam menghafal Al-Qur’an (3) Implikasi ujian Tahfidz berdampak adanya peningkatan rasa semangat siswa dan motivasi yang tinggi untuk menghafal Al-Qur’an, bahkan siswa antusias untuk kemudian bisa ikut ujian ini dengan baik. Temuan yang diperoleh peneliti bahwa dengan diterapkannya ujian Tahfidz ini siswa menjadi lebih bersemagat dan bergairah, mempunyai target yang harus dicapai, dan siswa juga lebih bersemangat untuk mengulang-ulang hafalannya. Sehingga, akan tercipta kualitas hafalan yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Ujian, Tahfidz, Motivasi, Menghafal, Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:40 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12287 |
Actions (login required)
View Item |