Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Membentuk Karakter Religius dan Moral pada Anak Usia Sekolah Dasar (Telaah Buku “Lembaga Hidup” Karya Buya Hamka)

Muna, Nafisatul (2023) Urgensi Pendidikan Keluarga dalam Membentuk Karakter Religius dan Moral pada Anak Usia Sekolah Dasar (Telaah Buku “Lembaga Hidup” Karya Buya Hamka). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (774kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (989kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (470kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)

Abstract

Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang penting bagi anak usia sekolah dasar karena di dalam sebuah keluarga mengajarkan tentang bagaimana membentuk kepribadian religious dan moral yang dapat dicontohkan melalui keluarga terutama orang tua. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya siswa yang kurang pengawasan dan pendidikan keluarga, hanya di pasrahkan kepada dunia pendidikan saja, sehingga anak kurang mendapatkan pendidikan yang bagus terlebih perihal agama dan karakter. Ada beberapa tokoh yang membahas tentang pentingnya keluarga dalam membentuk pribadi yngreligius dan moral pada anak usia sekolah dasar, salah satunya yaitu Buya Hamka dalam buku yang berjudul Lembaga Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep buya hamka tentang pendidikan religius dan moral telaah buku “Lembaga Hidup” karya Buya Hamka dan urgensi pendidikan keluarga dalam membentuk karakter religius dan moral pada anak usia sekolah dasar telaah buku “Lembaga Hidup” karya Buya Hamka Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan hermeneutika. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dan analisis hermeneutika objektif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Konsep Buya Hamka tentang pendidikan religius dan moral telaah buku “Lembaga Hidup” karya Buya Hamka adalah dengan menerapkan konsep Tri pusat pendidikan meliputi linkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat yang mengajarkan tentang akidah, ibadah dan akhlak. sedangkan Urgensi pendidikan keluarga dalam membentuk karakter religius dan moral pada anak usia sekolah dasar telaah buku “Lembaga Hidup” karya Buya Hamka adalah adanya beberapa kepentingan dalam hubungan antara Keluarga dengan Sekolah , Hubungan antara Sekolah dan Masyarakat dan Hubungan antara Keluarga dan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keluarga, religius, moral, pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:27
Last Modified: 10 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item