Strategi Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus Tahun Ajaran 2020

Yuliana, Evi (2023) Strategi Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus Tahun Ajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (932kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (606kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui program kegiatan keagamaan di MTs N 2 Kudus, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di MTs N 2 Kudus untuk mengungkap secara mendalam mengenai strategi pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui Progam Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus. Teknik sampling yang digunakan peneliti dalam pengambilan data sebagai penentu informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model analisis Miles Huberman yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verivication (kesimpulan/verifikasi) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus dimulai dari pembiasaan sehari-hari. Pelaksanaannya pada setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai sampai setelah kegiatan belajar mengajar selesai di siang hari. Khusus di hari jum’at ada tambahan kegiatan Keagamaan yakni kegiatan jum’at khusyu’ dan amal jum’at. Progam Kegiatan Keagamaan memiliki pengaruh yang kuat dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik, 2) faktor pendukung dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui program kegiatan keagamaan yaitu pendidik dan peserta didik, sedangkan faktor penghambat meliputi pandemi COVID-19, sarana prasarana, peserta didik dan orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Peserta Didik, Progam Kegiatan Keagamaan
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:59
Last Modified: 10 Oct 2024 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item