Yuliana, Evi (2023) Strategi Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik Melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus Tahun Ajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (419kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (619kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (932kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (479kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (606kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (349kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui program kegiatan keagamaan di MTs N 2 Kudus, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di MTs N 2 Kudus untuk mengungkap secara mendalam mengenai strategi pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui Progam Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus. Teknik sampling yang digunakan peneliti dalam pengambilan data sebagai penentu informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model analisis Miles Huberman yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verivication (kesimpulan/verifikasi) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Pembentukan akhlakul karimah peserta didik melalui Program Kegiatan Keagamaan di MTs N 2 Kudus dimulai dari pembiasaan sehari-hari. Pelaksanaannya pada setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai sampai setelah kegiatan belajar mengajar selesai di siang hari. Khusus di hari jum’at ada tambahan kegiatan Keagamaan yakni kegiatan jum’at khusyu’ dan amal jum’at. Progam Kegiatan Keagamaan memiliki pengaruh yang kuat dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik, 2) faktor pendukung dalam pembentukan akhlakul karimah pada peserta didik melalui program kegiatan keagamaan yaitu pendidik dan peserta didik, sedangkan faktor penghambat meliputi pandemi COVID-19, sarana prasarana, peserta didik dan orang tua
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Peserta Didik, Progam Kegiatan Keagamaan | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:59 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12325 |
Actions (login required)
View Item |