Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Sewu Kupat sebagai Sumber Pembelajaran IPS di MTs NU Raden Umar Sa’id Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Amalia, Faizul Muna (2023) Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Sewu Kupat sebagai Sumber Pembelajaran IPS di MTs NU Raden Umar Sa’id Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (837kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu :1) Untuk menjelaskan nilai-nilai kearifan lokal tradisi sewu kupat sebagai sumber pembelajaran IPS. 2) Untuk menganalisis penerapan nilai-nilai kearifan lokal tradisi sewu kupat sebagai sumber pembelajaran IPS di MTs NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe kudus tradisi sewu kupat di daerah Colo. 3) Untuk mengidentifikasi kendala dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran IPS melalui nilai-nilai kearifan lokal tradisi sewu kupat di MTs NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan,yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian diMTs NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, guru IPS,peserta didik kelasVIII MTs NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus, dan tokoh masyarakat desa Colo. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjdi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1)Nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi sewu kupat sebagai sumber pembelajaran IPS adalah Pertama, nilai sosial yang ditunjukkan dengan gotong-royong, musyawarah, dan kerjasama. Kedua, nilai budaya yang ditunjukkan dengan adanya pentas seni berupa tari kretek dan pakaian adat yang dipakai saat acara berlangsung. Ketiga, nilai ekonomi yang ditunjukkan dengan adanya stand UMKM yang menawarkan aneka olahan industry rumah tangga, utamanya khas Muria. Keempat, nilai religi ditunjukkan dengan tujuan pelaksanaan tradisi sewu kupat sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, menghormati Sunan Muria, dan selalu bergantung pada Tuhan. 2)Penerapan nilai-nilai kearifan lokal tradisi sewu kupat sebagai sumber pembelajaran IPS di MTs NU Raden Umar Sa’id terdapat dalam RPP dan proses pembelajaran yang selaras dengan tujuan pembelajaran IPS dan merupakan bagian dari pembelajaran tentang interaksi sosial dan budaya yang sesuai dengan KD 3.2 “Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial,budaya,serta pengembangan kehidupan kebangsaan.” 3) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran IPS melalui nilai-nilai kearifan lokal tradisi sewu kupat di MTs NU Raden Umar Sa’id adalah keterbatasan waktu di sekolah dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Sedangkan solusinya adalah mencaribahan ajar penunjang, mengadakan seminar atau pelatihan kepada guru, dan penambahan waktu KBM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Tradisi Sewu Kupat, Pembelajaran IPS
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Adat Istiadat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:07
Last Modified: 11 Oct 2024 07:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12338

Actions (login required)

View Item View Item