Analisis Peran Istri dalam Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Perspektif Hukum Islam (Studi kasus TKW Desa Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan)

Muthoharoh, Ulfa Ainul (2023) Analisis Peran Istri dalam Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Perspektif Hukum Islam (Studi kasus TKW Desa Menawan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (759kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (929kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, faktor yang melatarbelakangi istri bekerja sebagai TKW, bagaimana pengaruh TKW terhadap kesejahteraan keluarga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap peran istri sebagai pencari nafkah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumensi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ada 2 (dua) yaitu primer dan sekunder. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang meletarbelakangi istri bekerja sebagai TKW yaitu faktor perekonomian, rendahnya pendidikan, minimnya upah dan sempitnya lapangan pekerjaan. Terdapat pengaruh peningkatan dalam kesejahteraan ekonomi keluarga untuk menjadi lebih baik, sehingga dapat memilih pendidikan yang lebih berkuliatas. Pengaruh tersebut juga berpengaruh terhadap keluarga TKW, dimana dalam indikator kesejahteraan yaitu meliputi terpenuhinya kebutuhan material dan spiritual. Hal tersebut tentu juga berpengaruh pada ketidak harmonisannya hubungan diantara anggota keluarga, perilaku konsumtif, dan perselingkuhan. Serta menyalahgunakan harta yang tidak dibenarkan Islam seperti berfoya-foya dan berjudi. Dalam pelrspelktif hukum islam melngelnai pelran istri selbagai pelncari nafkah dalam kelluarga dipelrbollelhkan (mubah) selama ia masih menjaga kodratnya sebagai wanita, sebagai ibu dan sebagai istri dan apa yang diperolehnya merupakan suatu ibadah sedekah terhadap rumah tangganya, serta mendapat izin dari suaminya, maka istri yang belkelrja selbagai telnga kelrja wanita (TKW) untuk melmbantu suaminya melncari nafkah kelluarga dipelrbollelhkan, sebagaimana diterangkan dalam QS Al-Qasas: 23 tafsiran M. Quraish Shihab menjelaskan bahwa Islam tidak melarang wanita bekerja di dalam atau diluar rumah. Namun hukum tersebut bisa berubah menjadi haram, bila para istri melalaikan tugasnya dalam rumah tangga dan bekerja tanpa izin suaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasanuddin, Ahmad HamdaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Istri, Kesejahteraan, Hukum Islam
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Hukum Perkawinan (Munakahat) > Hak dan Kewajiban Suami Isteri, termasuk nafakah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:50
Last Modified: 11 Oct 2024 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item