Tias, Hesti Pujining (2023) Peran Bimbingan Keagamaan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Santri dipondok Pesantren al Ma’un Desa Sowan Lor Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (913kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (526kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (464kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (544kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (361kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang peran bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Al Ma’un. Dalam penelitian ini akan memaparkan mengenai peran bimbingan keagamaan dalam menigkatkan kedisplinan beribadah santri, penerapan bimbingan keagamaan di Pondok pesantren dan hasil yang diperoleh dari pemberian bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah santri. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu dijadikan sebagai bentuk evaluasi dalam meningkatkan kualitas bimbingan di pondok pesantren Al-ma’un karena bimbingan sangat diperlukan santri baik dalam membentuk kedisiplinan maupun hal positif lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Secara objek kajian, jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian berupa catatan, foto dan data-data dari sumber terkait dalam penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan: (1) Bimbingan keagamaan berperan dalam menanamkan model bimbingan yang mengutamakan kepatuhan akan aturan yang sudah tertulis dan berlaku di pondok pesantren seperti: jadwal belajar subuh yang wajib diikuti semua santri, kewajiban melaksanakan shalat dhuha setiap pagi, doa bersama dan dzikir, kewajiban menyetor hafalan santri. (2) Bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Al’Ma’un diterapkan dengan cara memberikan penghargaan bagi santri yang dapat mengikuti semua kegiatan dengan baik dan menunjukkan perubahan positif dalam penerapannya pembimbing memberikan motivasi dalam setiap pertemuan mengenai arti penting beribadah, arti penting agama yang tujuannya untuk membentuk nilai positif dan meningkatkan kedisplinan ibadah santri. (3) Peran bimbingan kegamaan menghasilkan output santri yang tidak hanya meningkatkan kedisiplinan beribadah tetapi juga pencapaian menjadi seorang penghafal Al-Quran dan ahli dalam kitab-kitab agama islam lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan, Kedisiplinan Beribadah | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:43 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12377 |
Actions (login required)
View Item |