Safitri, Endang (2023) Upaya Pembinaan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MI Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (576kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (838kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (402kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (639kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui upaya pembinaan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan, 2) mengetahui macam-macam kegiatan keagamaan yang dilakukan untuk meningkatkan karakter relegius siswa, 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan karakter melalui kegiatan keagamaan. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, siswa, dan informan lainya yang terkait dengan obyek penelitian di MI Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh 1) Pembinaan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan menjadi kegiatan yang dilakukan peserta didik dengan melaksanakan ibadah sunah, dimana hal ini dijalankan oleh guru dengan cara tepat waktu, tanggung jawab dan kebersamaan dalam beribadah kepada Allah SWT., 2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik sudah dijalankan secara konsisten namun belum maksimal. MI Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara melaksanakan kegiatan rutinan mulai dari pidato, tahtim tahlil, shalat berjamaah, shalat dhuha, tahfidzul Qur’an, membaca Al Qur’an, doa bersama. Berbagai kegiatan keagamaan yang dijalankan setahun sekali yaitu pesantren kilat, 1 muharram, isra’mir’raj, maulid nabi yang termasuk kedalam PHBI, 3) Adapun hambatan dalam mengimplementasikan kegiatan keagamaan di MI Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara diantaranya kurangnya kedisiplinan, motivasi, pengawasan yang diberikan kepada peserta didik dan juga keteladanan guru. Berbagai cara yang bisa digunakan dalam mengurangi hambatan ini yaitu dengan melakukan absensi, reward and punishment, mengevaluasi dan membina guru. Sedangkan faktor pendukunya yaitu didukung oleh lingkungan yang kondusif karena berada pada lingkungan yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Karakter, Kegiatan Keagamaan, Madrasah Ibtidaiyyah | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:39 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12387 |
Actions (login required)
View Item |