Analisis Semiotik Dalam Tayangan Video Ażān Di Simpang5tv Jawa Tengah

Hariyani, Ela (2023) Analisis Semiotik Dalam Tayangan Video Ażān Di Simpang5tv Jawa Tengah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Ażān dikumandangkan sebanyak 5 kali dalam satu hari, yaitu pada waktu subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Seiring perkembangan zaman yang sudah modern, ażān di kumandangkan dengan alat bantu pengeras suara (speaker) dengan tujuan agar masyarakat dapat mendengar lantunan ażān secara meluas. Beberapa stasiun televisi menyebarkan dakwah melalui sebuah tayangan yang mampu menyadarkan masyarakat untuk beribadah, karena melihat mayoritas penikmat televisi cenderung lupa, ketika waktu maghrib telah tiba masih banyak orang yang lalai untuk segera menunaikan sholat maghrib. Dari kebiasaan seperti ini, media televisi membuat tayangan ażān maghrib, tujuan nya agar semua orang ingat bahwa waktu sholat maghrib sudah tiba dan menuangkan pesan-pesan nilai keislaman yang bisa diambil hikmahnya melalui tayangan ażān tersebut. Seharusnya tayangan ażān maghrib dalam televisi mampu menyadarkan kita tentang masuknya waktu shalat yang tepat. Akan tetapi banyak tayangan ażān yang tidak sesuai dengan makna yang ingin disampaikan, dalam tayangan ażān itu sendiri, mereka malah keluar dari fokus penyampaian makna ażān yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa makna tayangan ażān di Simpang5tv Jawa Tengah menggunakan metode analisis semiotik model Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis analisis teks model semiotik yang dilakukan oleh Roland Barthes yaitu Gagasan Barthes ini dikenal dengan “two order of signification”, mencangkup denotasi (makna sebenarnya sesuai kamus) dan konotasi (makna ganda yang lahir dari pengalaman budaya dan personal), dimana peneliti menganalisis nilai keislaman pada siaran ażān magrib oleh simpang5 Tv Semarang yang terdiri dari nilai aqidah, nilai Syari’ah dan nilai akhlak. Hasil penelitian ini menemukan nilai keislaman yang terkandung pada siaran ażān maghrib yang ditayangkan oleh Simpang5 Tv Semarang dengan menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes dan menunjukkan hasil bahwa nilai Aqidah mencerminkan pentingnya mengembangkan hubungan yang erat dengan Allah dan memperkuat nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari, nilai Syari'ah menggambarkan pentingnya berdoa sebagai bentuk ibadah dan komunikasi dengan Allah, Dan yang terakhir nilai akhlak yang tercermin dari keharmonisan dan kebersamaan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan tanggung jawab sebagai khalifah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurudin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai keislaman, Televisi, Ażān, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:05
Last Modified: 28 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item View Item