Studi Etika Komunikasi Islam di Akun Tik Tok @basyasman00

Afifuddin, Muhammad (2023) Studi Etika Komunikasi Islam di Akun Tik Tok @basyasman00. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (783kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (727kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (348kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika komunikasi Islam di @basyasman00, mengetahui respons followers terhadap etika komunikasi Islam ditampilkan dalam konten akun TikTok @basyasman00. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh semiotika dari Roland Barthes dengan analisis semiotika, karena memaknai tanda adalah proses komunikasi. Analisis semiotik model Roland Barthes fokus perhatiannya tertuju pada gagasan tentang signifikasi dua tahap (two order of signification). Signifikasi tahap pertama merupakan hubungan antara signifier dan signified di dalam sebuah tanda realitas eksternal. Pada signifkasi tahap dua yang berhubungan dengan isi, tanda bekerja melalui mitos (miyt). Peneliti memperoleh data dari hasil pengamatan peneliti terhadap konten-konten yang terdapat pada akun TikTok @basyasman00. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah akun TikTok @basyasman00, sedangkan untuk objeknya adalah konten video dan kolom komentar yang memuat etika komunikasi Islam. Dimana dalam akun @basyasman00 ini ditemukan tujuh konten yang sesuai dengan etika komunikasi Islam, yang mana dalam konten tersebut berkaitan dengan fenomena kekinian yang disajikan dengan bahasa ringan dan mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konten Tik Tok Husain Basyaiban mengandung nilai-nilai keislaman. Selain itu dalam setiap kontennya juga mengajak para followers-nya untuk selalu berbuat baik kepada sesama manusia, pesan yang disajikan juga menggunakan bahasa yang ringan sehingga lebih mudah diterima dari berbagai kalangan. Akun TikTok @basyasman00 merupakan sarana media dakwah yang efektif, sasaran mad’unya adalah warganet yang menggunakan aplikasi TikTok terutama kaum muda milenial. Dalam proses penyampaiannya akun @basyasman00 selalu menerapkan etika komunikasi Islam dimana etika komunikasi Islam terbagi menjadi sembilan Qaulan yaitu Qoulan Baligha, Qoulan Layyinan, Qaulan Ma’rufan, Qaulan mansura, Qaulan Karima, Qaulan sadidan, Qaulan Tsaqilan, Qaulan Adziman, Ahsanu Qaulan. 2) Dari setiap konten Tik Tok Husain Basyaiban di akun @basyasman00 bisa dilihat bahwa penerapan etika komunikasi Islam, dapat menarik antusias warganet dalam mempelajari nilai-nilai Islam, karena pola penyampaian menjadi lebih menarik sehingga warganet lebih mudah untuh memahami materi yang disampaikan khususnya bagi kaum muda milenial, sehingga menimbukan berbagai respon positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRohimi, PrimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi Islam, Akun Tik Tok @basyasman00, Husain Basyaiban
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:22
Last Modified: 05 Nov 2024 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item