Abdurrahman, Muh Lutfi (2023) Penerapan Program BTQ Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Melalui Metode Sorogan di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (830kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (577kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (449kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (539kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (532kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (493kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (645kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (663kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Metode Sorogan dalam penerapan Program BTQ di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan Untuk mengetahui tinggi akhlak remaja di Dukuh Pucang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode Sorogan dalam Program BTQ di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan. 3) Untuk mengetahui Bagaimana implementasi Program BTQ dengan menggunakan Metode Sorogan di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu penelitian kualitatif lapangan, Penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Bagaimana Metode Sorogan dalam penerapan Program BTQ di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan untuk mengetahui tinggi akhlak remaja di Dukuh Pucang dinilai sangat efektif dalam membantu guru dalam kegiatan BTQ. Metode sorogan ini dapat melihat kemampuan membaca dan menulis peserta didik berinteraksi dengan teman, guru. 2) Adapun faktor pendukung dalam Program BTQ di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan meliputi guru yang kompeten dalam Program BTQ. Sedangkan faktor penghambat Metode Sorogan dalam Program BTQ di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan meliputi dari diri siswa yang belum bisa membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur'an. 3) Implementasi Program BTQ dengan menggunakan Metode Sorogan di MI Miftahul Khoirot Sidorejo Grobogan dilaksanakan pada jam istrahat pertama, yaitu pukul 09.30 sampai 10.00 WIB. Strategi yang dilakukan untuk pelaksanaan program BTQ di madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Khoirot dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama, Tahap Individual / privat/ sorogan. Kedua, Klasifikasian Individual. Ketiga, Baca simak. Keempat, Tahap Pra-menulis. Kelima, Tahap menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | BTQ, Peserta Didik, Metode Sorogan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:18 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12525 |
Actions (login required)
View Item |