Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus

Naviroh, Siti Durotun (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (860kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (624kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran Saintifik pada kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. 2) mengetahui hasil dari peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pembelajaran Saintifik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dimana prosedur pemecahan masalah diselidiki dengan subjek penelitian pada peristiwa sekarang yang terjadi berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III di MI NU Salafiyah Gondoharum Jekulo Kudus sudah tergolong dalam kategori baik dan sebagian besar siswa sudah antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hall ini dalpalt dilihalt dalri antusias siswa ketika pembelajaran berlangsung yang menjadikan proses pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup sehingga hal tersebut membuat siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis karangannya. Hal ini dalpalt dilalkukaln melallui penerapan pembelajaran yang sesuai rencana dan tahap-tahap pembelajaran. Tahap mengajar secara umum ada tiga yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berikut adalah tahapan dalam penerapan proses pembelajaran saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. 2) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran saintifik tepat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Terbukti hasil nilai keterampilan menulis karangan deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia ini meningkat yang awalnya belum menerapkan pembelajaran saintifik 8 dari 25 siswa dengan rata-rata 75,6 dinyatakan belum tuntas akan tetapi setalah menerapkan pebelajaran saintifik hasil nilai keterampilan menulis karangan siswa meningkat yaitu 23 siswa tuntas dan 2 siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai 81,24 berdasarkan hal-hal yang terdapat pada indikator menulis karangan deskripsi yaitu pilihan kata, penggunaan ejaan dan tanda baca, kesesuaian isi dan gagasan, dan kerapihan tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Pendekatan Saintifik , Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:42
Last Modified: 11 Nov 2024 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item