Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Siswa Kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum

Ulya, Fatihatul (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Siswa Kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (824kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (570kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (512kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menguraikan bagaimana penerapan motivasi belajar pada mata ajar PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) bagi siswa kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian langsung (field research), yaitu bentuk mengungkap fakta-fakta yang ada pada anggota masyarakat tertentu tentang perilakunya dan kenyataan yang ada di sekitarnya. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang mana dalam hal pengamatannya (observasinya) banyak mencantumkan simbol angka, mulai dari penyatuan data, tafsiran data, serta presentai hasilnya. Adapun bentuk jenis desain penelitian yang dipergunakan peniliti dalam penelitian ini yaitu One-Shot Case Study karena untuk membuktikan keahlian menaksir dari suatu desain penelitian yang bernilai murni. Untuk setting pada penelitian ini di MI NU Salafiyah tempatnya di Gondoharum Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Populasi pengamatan ini siswa-siswi kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum yang secara utuh berjumlah 22 siswa terdiri dari 12 siswa dan 10 siswi. Teknik pengumpulan datanya angket (kuesioner), tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan peniliti untuk memperoleh data yaitu terdapat 3 analisis, 1) Uji Asumsi yang terdiri dari 2 pengujian yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene, 2) Analisis hipotesis menggunakan uji Korelasi Rank Spearman dan 3) Uji analisis statistik lanjut. Adapun hasil dari penelitian ini motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) siswa kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum, secara keseluruhan siswa terpantau sangat ambisius dan tertarik dalam pembelajaran dengan mengikuti ice breaking yang telah peneliti lakukan dalam memberikan dorongan dan kebutuhan, kegiatan yang menarik untuk membangunkan keantusiasan siswa serta memotivasi dalam belajar, sesuai dengan indikator motivasi belajar. Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-sided) dari pengujian Chi Square didapatkan hasil yaitu 0,030 yang artinya, perhitungan < 0,05. Sehingga apabila didasarkan pada ketentuan pengambilan putusan hipotesis, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Maknanya terdapat korelasi dan pengaruh motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum (Y). Sedangkan berdasarkan pada df=1 dan nilai signifikansi 0,05, didapatkan perhitungan tabel sebesar 3,841. Sementara perhitungan dari pearson chi-square adalah 4,714 > 3,841 (perhitungan tabel). Sehingga terbaca bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas IV MI NU Salafiyah Gondoharum (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:28
Last Modified: 12 Nov 2024 04:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item