Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Karakter di MTs Badrul Ulum Jepara

Sami’un, Sami’un (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Karakter di MTs Badrul Ulum Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (671kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus yaitu terkait dengan implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di MTs. Badrul Ulum Jepara, mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka khususnya pada mapel akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Berdasarkan tujuan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mapel akidah akhlak dan peserta didik. Kemudian data yang didapatkan lalu dianalisis dengan pendekatan kualitatif-deskriptif model Miles and Hubermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan pembuatan kesimpulan. Setelah proses analisis dilakukan peneliti dapat mendeskripsikan dan menemukan bahwa: pertama, implementasi kurikulum merdeka dilaksanakan berdasarkan proses perencanaan berupa penyusunan program dan penyusunan dokumen kurikulum, pengorganisasian berupa proses pendelegasian tugas dan wewenang sesuai dengan kebutuhan sumber daya madrasah, pelaksanaan yaitu dengan melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya meliputi projek mingguan, projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin dan pembiasaan, serta evaluasi dilakukan dengan cara supervisi kepala madrasah dan asesmen pencapaian kurikulum. Kedua, implementasi kurikulum merdeka pada mapel akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa juga dilaksanakan melalui proses perencanaan yaitu dengan menyusun program pembelajaran dan dokumen pembelajaran, pengorganisasian yaitu mendayagunakan sumber belajar sesuai dengan kebutuhan siswa dan menyusun pembelajaran kelompok, pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan cara mengalokasikan 70% untuk pembelajaran intrakurikuler, dan 20-30% untuk pembelajaran kokurikuler berbasis penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin, serta evaluasi dengan cara asesmen sumatif dan formatif pada setiap capaian pembelajaran siswa di fase D. Ketiga, faktor pendukung impelementasi kurikulum merdeka di MTs. Badrul Ulum Jepara yaitu adanya dukungan dari seluruh pihak madrasah, fasilitas pendukung yang memadahi dan pemahaman guru tentang kurikulum merdeka. Lalu faktor penghambatnya adalah kurangnya penyesuaian guru terhadap kurikulum terbaru, rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa dan perlunya peningkatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak, Karakter
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:07
Last Modified: 18 Nov 2024 04:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item View Item